Siapa Bisa Hentikan Trio Penyerang Liverpool?

Sadio Mane dan Mohamed Salah (Reuters/Lee Smith)
15 April 2018 19:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL – Trio penyerang Liverpool, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino, unjuk gigi saat menghadapi Bournemouth dalam lanjutan Liga Premier Inggris. Ketajaman mereka seakan tak terbendung dalam beberapa laga terakhir.

Menghadapi Bournemouth di Anfield, Sabtu (14/4/2018) malam WIB, Liverpool menang dengan skor 3-0. Ketiga gol itu disumbangkan oleh Mane, Salah, dan Firmino. Ketiganya pun menjadi trip paling maut di Liga Premier Inggris saat ini.

Bagi Salah, dia kini menjadi top skorer sementara Liga Premier Inggris dengan 30 gol. Salah pun memecahkan rekor sebagai pemain Afrika pertama yang mampu menembus 30 gol dalam satu musim Liga Premier Inggris. Dia mengungguli legenda Chelsea asal Pantai Gading, Didier Drogba, yang membuat 29 gol dalam satu musim kompetisi Liga nggris.

Secara keseluruhan di semua ajang, Salah sudah mencetak 40 gol. Menurut catatan Opta, dia menjadi pemain ketiga dalam sejarah Liverpool yang mampu mencvetak 40 gol di semua ajang dalam satu musim. Sebelumnya ada Roger Hunt (1961-1962) dan Ian Rush (1983-1984 dan 1986-1987).

"Mungkin pada awalnya beberapa orang terkejut, tapi Anda melihat ancamannya di setiap situasi," kata pelatih Liverpool Jurgen Klopp memuji Salah seperti dikutip dari BBC, Minggu (15/4/2018).

"Sekarang dia harus mengombinasikannya. Semua orang berhadap dia akan jadi top skorer tapi kami sering ada dalam posisi menembak dan mereka tidak selalu memberi bola kepadanya. Jadi kami masih bisa lebih baik lagi dalam situasi ini, untuk menggunakan ancamannya dan mengoper bola ke arah lain," imbuhnya.

Di sisi lain, rekor juga dibuat oleh Mane dan Firmino. Mane kini telah mencetak 44 gol di Liga Premier Inggris. Dia pun menjadi pemain Senegal terproduktif di Liga Premier Inggris mengungguli Demba Ba yang memiliki 43 gol di Liga Premier Inggris.

Sementara Firmino menjadi pemain Brasil terproduktif dalam satu musim kompetisi di Liga Inggris. Sejauh ini, dia sudah mencetak 15 gol di Liga Inggris bersama The Reds dan 25 gol di semua ajang. Secara keseluruhan Salah, Mane, dan Firmino telah menyokong 82 gol Liverpool di semua ajang.