Wolverhampton Promosi ke Liga Premier Inggris Musim Depan

Para pemain Wolverhampton Wanderers merayakan kemenangan (Reuters/Andrew Couldridge)
16 April 2018 05:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, WOLVERHAMPTONThe Pack is Back. Kalimat tersebut tak henti-hentinya dikumandangkan fans Wolverhampton Wanderers setelah tim kesayangan mereka dipastikan promosi ke Liga Premier Inggris musim depan.

Tim berjuluk The Pack (Serigala) tersebut memastikan diri sebagai tim pertama yang berhasil promosi ke Liga Inggris musim depan. Kepastian itu diperoleh setelah salah satu pesaing mereka, Fulham, hanya bermain imbang 1-1 saat melawan Brentford di Craven Cottage, yang beakhir Minggu (15/4/2018) dini hari WIB.

The Wolf, sebutan lain Wolverhampton,dijamin finis dua besar di Championship setelah mengantongi 92 poin dalam empat laga tersisa musim ini. Mereka unggul sembilan poin atas Cardiff City dan 10 poin atas Fulham yang menjadi dua pesaing terberat di papan atas klasemen.

Kembalinya The Wolf ke Liga Inggris sontak disambut suka cita seluruh pendukung mereka. Maklum, nasib The Wolf seperti roller coaster dalam beberapa tahun terakhir dalam piramida sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth II. Mereka konsisten bertahan di Liga Inggris selama 2009-2012. Akan tetapi, dua musim kemudian The Wolf terdegradasi ke Championship dan kembali terdegradasi ke kasta ketiga, League One.

Setelah menjuarai League One pada 2013/2014, Wolverhampton kembali ke Championship. Musim ini, performa mereka pun pantas mendapat acungan dua jempol dengan meraih 28 kemenangan dalam 42 laga. Bukan hanya itu, pasukan Nuno Espirito Santo tersebut juga menahbiskan diri sebagai tim tersubur di Championship musim ini dengan torehan 76 gol.

Menariknya, koneksi Portugal menjadi salah satu kunci permainan cemerlang Wolverhampton di Championship musim ini. Setelah diboyong dari Portugal pada Mei 2017 lalu, Nuno Espirito Santo membawa gerbong pemain Porto untuk membela The Wolf. Total, terdapat empat pemain Portugal di skuat The Wolf. Dua di antaranya dibawa Nuno dari Porto musim panas lalu, yakni Ruben Neves dan Diogo Jota.

Neves dan Diogo benar-benar memberi taring bagi The Wolf. Neves yang menjadi pemain termahal Wolverhampton dengan banderol 15,8 juta poundsterling menjadi pengatur ritme permainan timnya musim ini. “Dia [Neves] masih bisa mengalami peningkatan. Ruben bukan pemain yang sama ketika dia tiba di sini. Dia lebih baik sekarang dan saya harap dia akan lebih baik lagi nanti,” jelas Nuno, seperti dilansir telegraph.co.uk.

Sedangkan Diogo Jota merupakan top scorer The Wolf dengan 15 gol. Kontribusi pemain Portugal lainnya, Ivan Cavaleiro, untuk membawa  Wolverhampton promosi ke Liga Premier musim depan tak kalah krusial. Pemain yang membela The Wolf selama dua musim terakhir itu melesakkan sembilan gol dan 12 assist.

Fans dan para pemain Wolverhampton akhirnya merayakan kepastian mereka naik kasta dengan cara berkelas. Pasukan Nuno Espirito Santo menaklukkan Birmingham City 2-0 pada matchday ke-43 Championship di Molineux Stadium, Minggu malam WIB.