Liga 3 Indonesia: Persiharjo Sukoharjo Buka Peluang ke 8 Besar

Persiharjo Sukoharjo (istimewa)
16 April 2018 07:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Persiharjo Sukoharjo membuka peluang melaju ke babak delapan besar Liga 3 Zona Jateng. Ini setelah Laskar Kota Makmur, julukan Persiharjo, menang secara meyakinkan melawan Persikaba Blora dengan skor 2-0 di matchday keempat Grup 3 di Stadion Gelora Merdeka Sukoharjo, Minggu (15/4/2018).

Kemenangan itu membuat Persiharjo merangkak dari posisi dasar klasemen ke posisi runner up dengan raihan 4 poin. Sementara posisi Persikaba melorot dari runner up ke posisi tiga klasemen. Persiharjo dan Persikaba sebetulnya sama-sama memiliki 4 poin. Namun, Persiharjo unggul produktivitas gol maupun head to head atas Persikaba. Dua gol dari Persiharjo dicetak oleh Edi Witopo pada menit ke-36 dan Joko Purwanto pada menit ke-83.

"Saya berterima kasih kepada pemain yang tetap menjaga motivasinya setelah tiga pertandingan hasilnya tidak sesuai harapan," jelas Pelatih Persiharjo Sukoharjo, Dwi Joko Prihatin, saat dihubungi Solopos.com seusai pertandingan.

Dwi Joko memuji penampilan Edi Witopo dkk. yang sudah bermain sesuai instruksi pelatih. Menurutnya, pemain belakang juga tampil disiplin sehingga pemain Persikaba Blora kesulitan mendapat peluang. "Kita harus fokus di dua pertandingan sisa yakni melawan Unika Berlian [away] dan Bhayangkara Muda Semarang [home]," ujar Dwi Joko.

Sementara itu, Persebi Boyolali makin terpuruk di dasar klasemen usai dikalahkan tuan rumah PSIP Pemalang di matchday keempat Grup 2 dengan skor 2-3. Di pertandingan lain, PSD Demak menang 2-0 atas tuan rumah BJL 2000 Semarang.  Dengan menyisakan dua pertandingan, Persebi masih punya peluang melaju ke babak delapan besar sebagai runner up. Syaratnya, Persebi harus meraih kemenangan di dua laga terakhir, sementara PSD Demak menuai hasil buruk di laga sisa.

"Mungkin ini adalah penampilan terbaik dari anak-anak dibandingkan pertandingan-pertandingan sebelumnya. Hingga menit ke-70, anak-anak bermain sesuai yang kita harapkan dengan mengandalkan serangan balik. Memang lini belakang perlu ada perbaikan. Sekarang kita fokus di dua laga kandang untuk menjaga peluang ke delapan besar meski itu berat," papar Pelatih Persebi Boyolali Ahmad Arief.

Terpisah, PSIK Klaten dipastikan tersingkir dari kompetisi Liga 3 usai menelan lima kekalahan secara beruntun. Tim berjuluk Harimau Merapi itu dipermalukan tuan rumah Persiku Kudus dengan skor telak 0-5. Meski masih ada tiga pertandingan sisa di Grup 1, berapapun poin yang bisa diraih PSIK Klaten tak akan mampu membawa tim melaju ke babak delapan besar. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

Tokopedia