Jadwal Kick-Off Liga 2 Indonesia Diubah

Pemain Persis Solo Dedi Cahyono (kedua dari kiri) berusaha melewati hadangan pemain Persijap Jepara pada pertandingan uji coba di Stadion Manahan, Solo, Minggu (8/4 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
16 April 2018 20:48 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA — Sepekan jelang kick off Liga 2, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga merombak jadwal pertandingan. Perombakan jadwal itu tidak hanya menyakut kick-off laga pembuka, namun secara keseluruhan. Perubahan jadwal di Grup Barat dan Timur disampaikan dalam manager meeting di Hotel Grand Kemang, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Manajer Persis Solo, Anjasmara BM yang hadir di lokasi mengatakan perubahan jadwal tersebut berimbas pada kick off laga perdana Liga 2 yang mempertemukan Persis Solo melawan Semen Padang FC di Stadion Manahan. Semula, laga pembuka Persis melawan Semen Padang digelar pada Sabtu (21/4/2018).

Setelah itu ada perubahan yang disampaikan secara lisan oleh PT LIB menjadi Jumat (20/4/2018). Namun, dalam manager meeting diputuskan kickoff dan pembukaan Liga 2 digelar Senin (23/4/2018) di Stadion Manahan.

“Laga pembukaan Persis Solo melawan Semen Padang di Stadion Manahan, digelar pukul 15.30 WIB. Rencana live stasiun televisi. Namun, belum ditentukan stasiun televisi mana yang akan menyiarkan,” kata Anjasmara melalui media officer Persis Solo, Senin.

Sebanyak 24 tim peserta Liga 2, termasuk Persis Solo, kata Anjasmara, merasa keberatan dengan perubahan jadwal itu. Namun, keberatan mereka akhirnya ditolak oleh PT LIB. “Kami sempat mengusulkan ke PT LIB supaya kick-off digelar malam. Namun usulan kami ditolak karena berhubungan dengan siaran langsung televisi,” paparnya.

Manager meeting tersebut juga membahas terkait regulasi, jersey tim, pembagian grup dan lain-lain. Sempat terjadi perdebatan sengit saat muncul usulan perubahan komposisi tim di grup barat dan timur. PSS Sleman dan PSIM Yogyakarta yang berada di grup timur, salah satunya diusulkan dipindah ke grup barat.

Sementara Persis Solo diusulkan dipindah ke grup timur. Namun, usulan tersebut mendapat protes keras dari peserta Liga 2, termasuk dari manajemen Persis Solo.

“Kami meminta dengan hormat kepada PSSI dan PT LIB untuk konsisten terhadap aturan yang sudah dibuat. Pembagian grup ini kan berdasarkan letak geografis. Dari Aceh ke Jawa Tengah masuk grup barat, dan DIY sampai Papua masuk ke grup timur. Alhamdulillah, Persis Solo akhirnya tetap berada di grup barat. Jadi perubahan terletak pada jadwal kickoff saja, sementara untuk pembagian grup tidak ada perubahan,” jelas Anjasmara. 

Tokopedia