Liga Spanyol: Jadwal Padat Mengancam Barcelona

Barcelona (Reuters/Albert Gea)
17 April 2018 07:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, VIGO — Dua pekan lima kali pertandingan. Jadwal ekstrem inilah yang harus dihadapi Barcelona sejak menghadapi AS Roma di leg I perempatfinal Liga Champions, 5 April 2018 lalu.

Entah berhubungan atau tidak, jadwal ekstrem itu membuat Barcelona terkapar oleh Roma dengan agregat 4-4 beberapa waktu lalu. Beruntung Lionel Messi  dkk. kembali meraih momentum dengan membungkam Valencia 2-1 di Liga Spanyol akhir pekan lalu.

Namun jadwal horor itu belum akan berakhir karena Blaugrana harus bertandang ke markas Celta Vigo, Rabu (18/4/2018) dini hari WIB. Sialnya Celta bukan lawan yang main-main bagi Barca. Sudah sejak 2015 Blaugrana tak mampu menaklukkan Celta di Balaidos. Dari tiga laga terakhir di markas Celta, Barca dua kali menyerah dan sekali imbang.

Statistik tersebut tentu mengkhawatirkan bagi Barcelona yang ingin berlari kencang untuk meraih gelar Liga Primera. Selain stamina yang terkuras, kondisi internal Barcelona saat ini pun tak cukup kondusif menyusul kekecewaan para pendukung karena kegagalan di Liga Champions. Striker Barcelona, Luis Suarez, menilai sebagian Cules (julukan fans Barca) mulai tidak menghargai tim yang masih berjuang untuk meraih trofi Liga Primera maupun Copa del Rey. 

Suarez menganggap percuma tim memenangi kompetisi domestik jika fans terus membesar-besarkan kekalahan dari Roma. “Kami tahu fans marah dan itu normal. Namun mereka harusnya memberikan penghargaan atas musim hebat yang telah kami jalani,” ujar Suarez dilansir Marca, Minggu (15/4/2018).

Di tengah situasi kurang menguntungkan tersebut, anak asuh Ernesto Valverde jelas harus melipatgandakan fokus untuk meraih kemenangan pertama selama tiga tahun di Balaidos. Kemenangan berarti Barca tinggal membutuhkan empat angka lagi untuk menyegel gelar Liga Primera musim ini.

Meski rekor pertemuannya dengan Celta tak cukup bagus, Barca tertolong dengan kondisi tuan rumah yang sedang tak stabil. Hugo Mallo dkk. hanya meraih satu kemenangan di lima laga terakhir di Liga Primera. Hasil itu membuat Celestes perlahan melorot ke peringkat sembilan klasemen.

Namun Barca tetap harus waspada dengan daya kejut Iago Aspas yang telah mencetak 19 gol musim ini. Tiga tahun lalu, brace Aspas pernah mengantarkan Celta menggasak Barca dengan skor 4-1 di Liga Primera. Aspas kembali menjadi momok Blaugrana setelah mencetak sebiji gol dalam kemenangan 4-3 Celta atas Barca, Oktober 2016.