Legenda MU: Pertahanan Arsenal Bobrok!

Arsenal (Reuters/Scott Heppell)
17 April 2018 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LONDON – Arsenal  mendapat kritik tajam setelah menelan kekalahan dari Newcastle United dalam lanjutan Liga Premier Inggris, akhir pekan kemarin. Salah satu kritik datang dari legenda Manchester United, Nemanja Vidic, yang menyoroti pertahanan buruk The Gunners.

Bertandang ke markas Newcastle di St James Park, Minggu (15/4/2018), Arsenal kalah dengan skor 1-2. Padahal, mereka sempat unggul dulu melalui Alexandre Lacazette. Namun tuan rumah bisa berbalik unggul berkat gol Ayoze Perez dan Matt Ritchie.

Kekalahan ini membuat Arsenal terseok-seok di posisi keenam dengan koleksi 54 poin. Mereka tertinggal jauh dari Tottenham Hotspur di posisi empat besar yakni 13 poin. Di sisi lain, mereka juga terancam oleh Burnley di posisi ketujuh yang punya 52 poin.

Buruknya performa Arsenal ini disebut-sebut karena pertahanan mereka yang tak cukup solid. Tampil tajam dengan 62 gol, Arsenal justru kebobolan 45 gol. Jumlah itu menjadi yang terbanyak di tim top lainnya. Bahkan pertahanan tim sekelas Burnley dan Newcastle juga terbilang lebih baik karena cuma kebobolan 25 gol dan 35 gol.

Hal itu pun mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Salah satunya eks bek MU, Nemanja Vidic. Vidic menyebut Arsenal perlu memperbaiki pertahanan jika ingin bersaing di papan atas.

"Menurut saya, Arsenal saat menjalani pramusim mereka lebih memikirkan cara mencetak banyak gol. Mereka harus menjalaninya dan mengatakan 'kami harus membuat clean sheet' di pramusim karena itu yang harus mereka pelajari," terang Vidic seperti dikutip dari Sky Sports, Selasa (17/4/2018).

"Untuk bertahan dan itulah kunci kalau mereka ingin bersaing untuk gelar juara. Saya pikir, pada akhirnya mereka akan mencetak 70 gol, tapi mereka akan kebobolan 40 gol. Dalam dua musim terakhir, mereka sudah kebobolan 44 gol dan sekarang 45 gol."

"Untuk sebuah tim di tujuh besar, kebobolan gol sebanyak itu, saya pikir mereka bermain dengan baik untuk berada di posisi itu," tutupnya.