Derby DIY di Liga 2 Indonesia, Polda Siap Pertemukan Suporter PSS Sleman dan PSIM Jogja

Pertandingan antara PSIM Jogja melawan PSS Sleman di Stadion Sasana Krida, AAU beberapa tahun lalu - Antara
17 April 2018 16:55 WIB Jumali Indonesia Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PSIM Jogja dan PSS Sleman berada dalam satu grup di Liga 2 Indonesia. Kedua tim pun akan saling bertemu di pekan pembuka kompetisi kasta kedua di Tanah Air. Kedua suporter dikenal tidak akur, sehingga Kepolisian Daerah (Polda) DIY pun siap menjadi wadah pemersatu.

Rencananya, Polda DIY akan mempertemukan suporter PSIM Jogja dan PSS Sleman dalam waktu dekat. Langkah ini dilakukan oleh otoritas keamanan setempat sebagai upaya penciptaan iklim kondusif saat berlangsungnya derby DIY dan selama dihelatnya kompetisi Liga 2 2018.

Wakil Sekjend Brajamusti Rendra kepada harianjogja.com, Selasa (17/4/2018) mengaku telah dihubungi oleh Kabagbinops Ro Ops Polda DIY AKBP Karwanto terkait dengan rencana pertemuan tersebut. Meski demikian, ia mengungkapkan, belum mengetahui waktu yang pas untuk pelaksanaannya.

"Pak Karwanto Polda sudah hubungi kami terkait akan dipertemukannya pengurus suporter PSIM & PSS. Untuk waktunya kami belum mendapatkan kejelasan," kata Rendra.

Meski demikian, Rendra mengungkapkan, pihaknya siap menyambut derby DIY dengan tetap mengedepankan penciptaan suasana kondusif. "Karena kompetisi masih panjang," sambungnya.

Diakui Rendra, keberadaan derby akan mengundang animo dan tensi luar biasa. Oleh sebab itu, pihaknya akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan kepolisian demi terciptanya kondusifitas keamanan.

"Untuk kemungkinan menerima atau menolak suporter tamu. Baru akan kami bahas dalam rapat PH DPP BM nanti malam. Tentu, kami juga akan menghormati imbauan dari pihak keamanan dalam hal ini POLRI dan TNI," tandasnya.

Adanya undangan dari Polda DIY terkait dengan koordinasi suporter jelang derby DIY juga diakui oleh suporter PSS Sleman Brigata Curva Sud. Koordinator BCS Zulfikar secara terpisah mengungkapkan pertemuan itu akan digelar dalam waktu dekat. Meski demikian, Zulfikar enggan banyak berbicara mengenai apa yang akan dibawa BCS dalam pertemuan tersebut.

"Mungkin nanti setelah pertemuan kami akan ungkapkan. Sementara saya belum bisa berkomentar banyak," terangnya.

Tokopedia