Barcelona: Jangan Pergi Iniesta!

Andres Iniesta (Reuters/Juan Medina)
23 April 2018 00:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MADRID — Mata kapten Barcelona, Andres Iniesta, tampak berkaca-kaca ketika dirinya ditarik ke bangku cadangan pada final Copa del Rey melawan Sevilla di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (22/4/2018) dini hari WIB.

Iniesta menyadari pertandingan ini bisa saja menjadi final perpisahannya dengan Barca. Sejak memulai debut di usia 16 tahun, Iniesta sudah turun di beberapa final penting. Tapi final Copa del Rey ini menjadi yang paling menyentuh perasaannya lantaran musim depan dirinya belum tentu masih mengenakan kostum Barca.

Tokopedia

Standing ovation pendukung Barca pun mengiringi langkah Iniesta ketika dirinya keluar lapangan. Pemain berjuluk El Caballero Palido (Si Penyihir Pucat) itu baru saja menyuguhkan aksi magis sebelum turun ke bangku cadangan pada menit ke-88. Iniesta menjadikan lapangan di Wanda Metropolitano seperti arena bermain baginya dan rekan-rekannya.

Gol individualnya di menit ke-52 cukup membuktikan sihir Iniesta belum sirna bersama Barca. Ia mencetak gol di menit ke-52 tersebut dengan tendangan dari sudut sempit dari sisi kanan lapangan. “Hari ini dia [Iniesta] bermain di level tinggi, dia terlihat seperti berusia 25 tahun,” ujar Pelatih Sevilla, Vincenzo Montella, memuji performa kapten Barca, seperti dilansir Reuters.

Sebelum Iniesta mencetak gol, Luis Suarez dan Lionel Messi lebih dahulu menjebol gawang Sevilla. Suarez bahkan mencetak dua gol. Philippe Coutinho kemudian menutup kemenangan Barca menjadi 5-0 lewat gol tendangan penalti pada menit ke-69.

Barca meraih trofi Copa del Rey ke-30 dalam sejarah klub, sekaligus kali keempat secara beruntun. Raksasa Catalan berpeluang menyandingkan gelar Copa del Rey ini dengan trofi Liga Primera di akhir musim nanti.

Ini sekaligus menjadi titel ke-34 dalam karier Iniesta di semua kompetisi. Sayang, masa depan gelandang elegan berusia 35 tersebut terus dispekulasikan. Dia dilaporkan akan hijrah ke Tiongkok akhir musim nanti. Klub Tiongkok, Chongqing Dangdai Lifan, menyatakan kepada media Xinhua bahwa mereka sepakat merekrut Iniesta ke Negeri Tirai Bambu.

Padahal, awal tahun ini, Iniesta sempat dihubung-hubungkan dengan klub Tiongkok lainnya, Tianjin Quanjian. “Pekan ini saya akan membuat keputusan di depan publik,” ungkap Iniesta, seperti dilansir sport.es.

Media-media Spanyol ikut mengapresiasi performa top Iniesta di final yang disebut-sebut terakhirnya bersama Barca itu. Marca memuat judul "El Ultimo Emperador" (Kerajaan Terakhir). Sementara AS menulis "Iniesta No Te Vayas" (Iniesta, Jangan Pergi).

Presiden Barcelona, Josep Bartomeu, sendiri tetap membuka peluang agar Iniesta bertahan di Camp Nou musim depan. "Saya tahu dia dapat tawaran, namun Barcelona adalah tim sepanjang hidupnya, dia tiba di sini saat berusia 12 tahun, dia memberikan segalanya dan dia punya kontrak seumur hidup," jelas Bartomeu.