Jika Juventus & Napoli Finis dengan Poin Sama, Siapa Juara?

Juventus vs Napoli (Reuters/Massimo Pinca)
23 April 2018 20:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Juventus dan Napoli hanya terpisah sebiji poin dalam empat pertandingan tersisa di Liga Italia musim ini. Bukan hal mustahil jika kedua tim ini bakal finis dengan koleksi poin yang sama.

Jarak Juve dan Napoli terpangkas setelah pertandingan pekan ke-24. Napoli sukses mengalahkan sang rival di Allianz Stadium dengan skor 1-0, Senin (23/4/2018) dini hari WIB. Gol kemenangan Napoli itu dilesakkan oleh Kalidou Koulibaly di menit akhir pertandingan.

Tokopedia

Hasil itu membuat persaingan semakin ketat. Bahkan, bukan tak mungkin Juve dan Napoli akan finis dengan poin sama. Lantas bagaimana jika mereka menuntaskan musim ini dengan poin sama? Siapa yang berhak juara?

1. Rekor Head To Head
Jika kedua tim mengoleksi poin yang sama maka penentunya adalah rekor head-to-head kedua tim. Menariknya, head-to-head Juve dan Napoli musim ini sama kuat. Karena kedua tim sama-sama menang 1-0. Artinya, Juve dan Napoli sama-sama meraih satu kemenangan dan sekali kekalahan, serta memasukkan 1 gol dan kemasukan 1 gol.

2. Selisih Gol Secara Keseluruhan
Karena Juve dan Napoli memiliki head-to-head yang sama kuat, maka juara akan ditentukan lewat selisih gol kedua tim secara keseluruhan. Sejauh ini, Juve lebih unggul dengan memiliki selisih gol +58 (memasukkan 78 gol dan kemasukan 20 gol). Sedangkan Napoli hanya memiliki selisih gol +48 (memasukkan 71 gol dan kemasukan 23 gol).

3. Produktivitas Mencetak Gol Secara Keseluruhan
Jika selisih gol kedua tim sama, maka yang menentukan selanjutnya yakni total gol yang diciptakan masing-masing tim. Juve sejauh ini moncer dengan 78 gol dalam 34 laga. Mereka unggul tujuh gol atas Napoli.

4. Undian
Jika sampai semuanya masih sama maka dilakukan pengundian. Play-off diberlakukan di Italia hanya sampai musim 2004/2005. Itu untuk menentukan juara dan posisi di zona Eropa atau degradasi setelah kedua tim memiliki jumlah poin, head-to-head, selisih gol, dan produktivitas gol sama. Play-off digelar di akhir musim. Kali terakhir play-off terjadi pada 1963/1964 ketika Bologna dan Inter sama-sama finis dengan 54 poin. Bologna menang play-off dengan kemenangan 2-0.