Singkirkan Roma, Liverpool Jumpa Madrid di Final Liga Champions

AS Roma vs Liverpool (Reuters/John Sibley)
03 Mei 2018 03:57 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, ROMA - Liverpool memastikan diri lolos ke babak final Liga Champions. Mereka menyingkirkan AS Roma dengan agregat 7-6.

Kepastian Liverpool lolos ke final Liga Champions itu setelah mereka takluk 2-4 dari Roma pada leg kedua babak semifinal di Stadion Olimpico, Kamis (3/5/2018) dini hari WIB. Meski kalah, Liverpool berhak lolos lantaran pada leg pertama di Anfield mereka menang dengan skor 5-2.

Pada pertandingan leg kedua sendiri, Liverpool tampil menyerang sejak awal. Mereka membuka gol pada menit kesembilan melalui Sadio Mane. Gol itu berawal dari kesalahan Radja Nainggolan yang akhirnya bola dikuasai Roberto Firmino. Bola lantas diberikan ke Mane dan mampu mengecoh Alisson.

Namun, keunggulan The Reds itu hanya bertahan enam menit. Roma mampu menyamakan kedudukan setelah James Milner melakukan gol bunuh diri. Sapuan Dejan Lovren mengenai kepala Milner yang akhirnya masuk ke gawang sendiri.

Liverpool kembali unggul di menit ke-25. Kali ini, Giorginio Wijnaldum yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari kemelut di mulut gawang Roma, Wijnaldum mendapat bola liar yang lantas disundulnya untuk mengubah skor menjadi 2-1. Keunggulan Liverpool itu bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Roma tancap gas karena butuh setidaknya lima gol lagi untuk lolos. Edin Dzeko menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-52. Dzeko mencetak gol usai menerima bola muntah hasil tepisan Loris Karius. Bola muntah itu akibat tendangan keras Stephan El Shaarawy.

Roma bahkan mampu membalikkan kedudukan di menit ke-86. Radja Nainggolan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Aleksandar Kolarov. Bola meluncur deras ke pojok kanan gawang Karius.

Roma akhirnya bis amenambah satu gol lagi di masa injury time. Kali ini melalui penalti Nainggolan. Penalti diberikan setelah Ragnar Klavan handball di kotak terlarang. Gol kedua Nainggolan itu pada akhirnya tak mampu menyelamatkan Roma.

Liverpool pun melaju ke final Liga Champions 2017/2018. Mereka akan menghadapi Real Madrid yang sehari sebelumnya mapu menaklukkan Bayern Munchen.

Susunan Pemain

AS Roma: Alisson, Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov, De Rossi (Gonalons 69'), Pellegrini (Under 53'), Nainggolan, El Shaarawy (Atonucci 75'), Schick, Dzeko

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold (Clyne 90'), Lovren, Van Dijk, Robertson, Henderson, Wijnaldum, Milner, Salah, Mane (Klavan 83'), Firmino (Solanke 87')