Merasa Dirugikan Wasit, Roma Desak Penggunaan VAR di Liga Champions

AS Roma (Reuters/Tony Gentile)
03 Mei 2018 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, ROMA - Direktur AS Roma, Monchi, tak puas dengan keputusan wasit saat laga melawan Liverpool pada leg kedua babak semifinal Liga Champions. Menurutnya, ada sejumlah keputusan yang merugikan Roma. Dia pun mendesak penggunaan video assistant referee (VAR) di Liga Champions.

Pada leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Olimpico, Kamis (3/5/2018) dini hari WIB, Roma menang 4-2 atas Liverpool. Namun kemenangan itu tak cukup mengantar Roma ke babak final karena sebelumnya kalah 2-5 pada leg pertama di Stadion Anfield.

Monchi lantas menyoroti keputusan wasit. Dia menganggap Roma seharusnya mendapat dua penalti tambahan. Ada momen Trent Alexander-Arnold menyentuh bola setelah mengadang tembakan Stephan El Shaarawy. Ada pula inisden Loris Karius mengganjal Edin Dzeko, namun Dzeko dianggap offside lebih dulu padahal dalam tayangan ulang tidak.

"Itu mengubah segalanya. Kami kebobolan gol yang offside di leg pertama, di sini kami punya dua penalti yang tidak diberikan, salah satunya jelas layak diganjar kartu merah," kata Monchi seperti dikutip dari Football Italia.

Monchi pun mendesak federa sepak bola Italia untuk turut tangan dalam desakan penggunaan VAR di Liga Champions. Pasalnya buka hanya Roma yang dirugikan wasit. Juventus juga mengalami kejadian kontroversianl saat disingkirkan Real Madrid pada babak perempatfinal.

"Sudah waktunya untuk bicara tegas, bukan cuma Roma, karena Juventus juga mengalami hal yang sama melawan Real Madrid. Sepak bola Italia harus angkat bicara, karena yang kami lihat malam ini mengejutkan. Itu memainkan perasaan fans. Kita harus menyelamati Liverpool, tapi juga perlu mengevaluasi jalannya laga," sambungnya.

"Saya tidak mengerti mengapa VAR tidak digunakan dalam kompetisi klub paling penting di dunia ini. Saya tidak mengerti. Masih akan ada kesalahan [dengan VAR], tetapi bakal jauh lebih sedikit," tandas Monchi.