Indonesia Ambil Bagian di Piala Dunia Anak Jalanan 2018

Tim Garuda Baru (Suara.com)
08 Mei 2018 18:25 WIB Newswire Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - Indonesia akan ambil bagian di Piala Dunia Sepak Bola Anak Jalanan atau yang dikenal dengan Street Child World Cup (SCWC) 2018. Indonesia akan diwakili oleh Tim Garuda Baru.

Piala Dunia Anak Jalanan 2018 itu akan dilangsungkan di Moskow, Rusia, 10-18 Mei 2018 mendatang. Pelatih Garuda Baru Wahyu Kurniawan mengatakan timnya berisi sembilan pemain. Dia menegaskan seluruh pemainnya dalam kondisi fit dan termotivasi untuk meraih hasil bagus di kejuaraan tersebut.

"Dari sembilan orang yang akan bertanding, lima di antaranya sudah dibina lebih dari tiga tahun oleh Garuda Baru. Sementara empat pemain lainnya menjalani persiapan selama lebih dari setahun," kata Wahyu seperti dikutip dari Suara.com, Selasa (8/5/2018).

"Daya tahan tubuh masing-masing pemain semakin baik setiap harinya. Ini dilihat dari hasil uji yang kami lakukan secara berkala," sambungnya.

Garuda Baru sendiri merupakan program yang digagas tiga lembaga sosial yaitu Yayasan Transmuda Energi Nusantara (TEN), Kampus Diakoneia Modern (KDM) dan Yayasan Sahabat Anak (YSA) untuk membantu anak keluar dari kehidupan jalanan melalui media sepak bola.

"Melalui SCWC, anak-anak jalanan bisa menyuarakan hak-hak mereka pada proses konferensi anak di saat acara berlangsung. Mereka bisa berteman dengan anak-anak dari negara lain dan saling berbagi cerita dan pengalaman hidup, yang menjadi sumber inspirasi dan cerita bagi anak-anak lain yang masih mengalami keterbatasan sosial ekonomi untuk berani mengejar cita-cita," tutur Ketua Yayasan TEN Mahir Bayasut.

Tim Garuda Baru rencananya akan tiba di Rusia pada Kamis, (10/5/2018). Sementara pengundian grup akan dilakukan pada Jumat, 11 Mei 2018.

Beberapa negara yang berpartisipasi dalam Piala Dunia Anak Jalanan 2018 ini antara lain Belarusia, Bolivia, Brasil, Burundi, Kanada, Mesir, Inggris, India, Indonesia, Kenya, Liberia, Mauritius, Mexico, Nepal, Uzbekistan, Rusia, Pakistan, Filipina, Tanzania, Tajikistan, dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, Indonesia pernah mengikuti SCWC 2014 di Brasil. Saat itu timnas putra Garuda Baru berhasil keluar sebagai juara grup mengalahkan Mesir, Brasil, Liberia, dan Afrika Selatan. Selain itu mereka berhak mendapatkan predikat "Best Team Spirit Award".

Sumber : Suara.com