Gol Johan Yoga Dianulir, Persis Tumbang di Markas Persiraja

Winger Persis Solo Dedi Cahyono Putro (paling kanan) meluapkan kegembiraan seusai menjebol gawang Aceh United di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu (5/5 - 2017). (Istimewa/Ofisial Persis Solo)
11 Mei 2018 22:31 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, BANDA ACEH - Persis Solo  harus menghadapi tantangan Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan pekan keempat Liga 2 Indonesia. Di laga ini, Persis kalah dengan skor tipis 0-1.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion H. Dhimurtala, Jumat (11/5/2018) malam WIB, Persis mengandalkan Johan Yoga Utama sebagai ujung tombak. Dia didukung oleh Sunarto dan Dedi Cahyono di lini sayap. Sementara Eli Nasoka menjadi gelandang serang.

Tapi, Persis justru kebobolan saat pertandingan baru memasuki lima menit. Pemain andalan Persiraja, Hapidin, mampu membobol gawang Galih Sudaryono. Gol Hapidin itu lahir berkat kepiawainnya mengeksekusi tendangan bebas. Sebelumnya, Hapidin juga mencetak dua gol dari situasi bola mati saat Persiraja melawan PSIR Rembang.

Hingga menit kesepuluh, Persis masih terus digempur tuan rumah. Persiraja kembali mengancam lewat Vuvu Asrizal. Beruntung sepakan pemain dengan nomor punggung 11 itu masih menyamping dari gawang Laskar Sambernyawa.

Persis kemudian mencoba menyerang. Namun, tembok pertahanan Persiraja masih sangat solid. Sebuah peluang didapat Persis melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Heru Setiawan. Namun masih belum bisa membuahkan gol. Persiraja juga kembali mengancam lewat tendangan bebas Hapidin, beruntung Galih Sudaryono masih bisa memblok bola. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persis mencoba mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang pun didapat termasuk tendangan bebas Heru Setyawan yang masih belum membuahkan gol penyama. Begitu juga dengan peluang Sunarto yang nyaris menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-61, Dedi Cahyono melepaskan tendangan. Namun, bola masih menyamping di sisi kiri gawang Persiraja Banda Aceh yang dijaga Rahmanuddin. Ancaman kembali datang dari Sunarto tapi juga belum membuahkan hasil. Eks pemain Arema FC itu kemudian digantikan oleh Azka Fauzi di menit ke-65.

Persis Solo sebenarnya sempat membuat gol setelah itu. Namun gol yang dicetak oleh Johan Yoga itu dianulir wasit karena pemain jangkung itu dianggap dalam posisi offside. Johan Yoga juga nyaris mencetak gol di menit ke-70. Sayang, sundulannya hanya menerpa mistar gawang.

Di sisa menit, Persis terus menggempur pertahanan Persiraja. Daya gedor pun ditambah dengan masuknya Tri Handoko menggantikan Dedi Cahyono. Namun hingga akhir laga skor 1-0 untuk Persiraja tak berubah.

Susunan Pemain

Persiraja Banda Aceh: Rahmanuddin, Asep Budi, Victor Pae, Luis Irsandi, Saddam Hi, Agus Suhendra, Defri Rizki, Hapidin, Mukhlis, Vivi Asriza, Fiwi Dwipan

Persis Solo: Galih Sudaryono, Absor Fauzi, Ikhwan Ciptady, Soni Setiawan, M. Wahyu, Oky Derry, Eli Nasoka, Heru Setiawan, Dedi Cahyono, Sunarto, Johan Yoga