Newcastle United Vs Chelsea: Bisa Jadi Perpisahan Pahit Conte

Antonio Conte (Reuters/Matthew Childs)
13 Mei 2018 16:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NEWCASTLE — Manajer Chelsea, Antonio Conte, menjalani musim perdananya di Liga Inggris dengan manis, dengan mempersebahkan gelar juara pada 2016/2017. Tapi musim keduanya di kompetisi kasta tertinggi Inggris itu benar-benar berantakan.

Chelsea yang sempat stabil di zona big four, terlempar ke peringkat kelima ketika mendekati garis finis musim ini. Eden Hazard dkk. pun terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan. Celakanya, Chelsea belum tentu bisa finis empat besar meski mereka menang di markas Newcastle United, di St. James Park, Minggu (13/5/2018) pukul 21.00 WIB. Sebab, nasib mereka akan tergantung pada Liverpool.

Tim asal London Barat ini hanya bisa lolos jika mereka menang atas Newcastle sedangkan pada waktu hampir bersamaan Liverpool takluk dari Brighton di Anfield. Sebenarnya, Chelsea masih bisa berharap lolos jika Liverpool hanya bermain imbang atas Brighton. Cuma syaratnya Chelsea harus menang di James Park dengan selisih margin 15 gol!

Jika gagal lolos ke Liga Champions musim depan, itu bisa menjadi perpisahan pahit Conte bersama The Blues. Pelatih berdarah Italia tersebut terus dispekulasikan bakal hengkang dari Stamford Bridge akhir musim nanti. Selain karena performa Chelsea yang anjlok di Liga Inggris, Conte disebut-sebut tidak akur dengan petinggi klub terkait persoalan transfer pemain.

“Tidak, tidak. Tentu tidak. Mengapa? Mengapa? Saya pikir Liga Inggris hebat, liga tersulit di dunia. Berkompetisi di liga ini, dengan banyak tim dan klub tangguh, itu selalu mejadi kesempatan yang hebat buat Anda. Tentu, tentu tidak,” ujar Conte ketika disinggung apakah dia akan meninggalkan Liga Premier akhir musim ini, seperti dilansir Standard.co.uk, Sabtu (12/5/2018).

Conte bisa saja “merelakan” perbutan posisi empat besar ini demi konsentrasi menghadapi Manchester United pada final Piala FA, pekan depan. Toh, peluang Chelsea juga hanya selubang jarum untuk menggeser Liverpool dari zona big four.

Tapi, Conte ingin timnya pantang menyerah dan bakal menurunkan skuat terbaiknya di St. James Park. Chelsea mendapatkan kabar bahagia. Kiper utama mereka, Thibaut Courtois, sudah kembali berlatih setelah cedera. “Thibaut sudah kembali berlatih [sejak Jumat 11/5]. Karenanya, dia akan diperhitungkan main lawan Newcastle. Dia sudah kembali berlatih,” ujar Conte.