Preview AS Roma Vs Juventus: Pesta Kedua di Olimpico?

Pemain Juventus merayakan gol (Reuters/Alberto Lingria)
13 Mei 2018 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ROMA — Selang empat hari setelah menjuarai Coppa Italia musim ini, Juventus bisa kembali mengadakan pesta di Stadion Olimpico, Roma, Senin (14/5/2018) pukul 01.45 WIB.

Tim berjuluk Bianconerri tersebut di ambang meraih scudetto kali ketujuh secara beruntun ketika bertamu ke kandang AS Roma pada giornata ke-37 Seri-A musim ini. Juve tidak perlu menang untuk menyegel trofi yang menjadi lambang supremasi tertinggi sepak bola Italia tersebut. Mereka hanya butuh hasil imbang ketika bertemu Roma.

Saat ini, Juve telah unggul enam poin atas Napoli yang menjadi pesaing terdekat mereka. Jika Juve bermain imbang atas Roma, sementara pada waktu bersamaan Napoli menang di markas Sampdoria, tim asal Turin itu akan unggul empat poin dalam satu laga tersisa. Artinya, koleksi poin Juve mustahil disalip Napoli sebelum giornata penutup musim ini.

Allenatore Juve, Massimiliano Allegri, terlihat percaya diri timnya mampu menyegel scudetto ketujuh mereka musim ini sekaligus menggaggalkan ambisi Napoli mengakhiri paceklik gelar Seri-A sejak 1990. Meski demikian, eks pelatih Milan itu tetap mengacungi jempol Napoli yang sudah menghidupkan tensi persaingan di Seri-A musim ini.

“Saya bisa katakan Juve pantas mendapat pujian atas ketenangannya setelah kalah dari Napoli [pada April 2018 lalu yang membuat keunggulan Juve sempat terpangkas menjadi hanya 1 poin],” tutur Allegri, seperti dilansir Football-italia.net, Sabtu (12/5/2018).

“Di luar itu, mereka [Napoli] tetap mengalami musim sempurna, mereka terus meningkatkan hasil dan sepak bola ala [Maurizio] Sarri sangat menarik ditonton. Mereka berkembang dan memenangi banyak laga dibandingkan musim sebelumnya. Mereka terus mendekat melawan Juve, tapi Juve meraih hasil-hasil menentukan, hanya Napoli juga layak dipuji,” jelasnya.

Scudetto memang nyaris kembali berada di genggaman Juve. Pertanyaannya, hanyalah apakah Roma mampu menunda pesta Bianconeri itu sampai laga penutup nanti? Posisi Roma di zona Liga Champions (empat besar Seri-A) sendiri belum aman.

Tim yang diarsiteki Eusebio Di Francesco tersebut membutuhkan poin sempurna atas Juve untuk menjauh dari kejaran Lazio dan Inter Milan yang bersaing merangsek ke zona Liga Champions. Menariknya, Roma meraih kemenangan telak 3-1 dalam perjamuan terbaru mereka melawan Juve di Olimpico, Mei tahun lalu.

Hasil manis dalam duel terakhir di Olimpico tersebut bisa menyuntikkan rasa percaya diri Radja Nainggolan dkk. “Kami ingin menang, sepertinya halnya mereka ingin mengalahkan kami. Juve tim terkuat ti Italia dan bisa juara dalam tujuh musim beruntun,” ujar gelandang Roma, Kevin Strootman.