Yang Tersisa di Matchday Terakhir Liga Inggris

Chelsea vs Liverpool (Reuters/John Sibley)
13 Mei 2018 19:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Laga penutup Liga Premier Inggris 2017/2018 bakal digelar serentak, Minggu (13/5) pukul 21.00 WIB. Kendati Manchester City sudah memastikan juara jauh-jauh hari, masih ada beberapa hal yang dipertaruhkan pada final day nanti. Apa saja itu?

Liverpool atau Chelsea yang Lolos ke Liga Champions?
Jatah ke Liga Champions musim depan di Liga Inggris tinggal menyisakan satu slot. Liverpool dan Chelsea bakal memperebutkan selembar tiket tersisa itu untuk mendampingi Manchester City, Manchester United, dan Liverpool di Liga Champions musim depan.

Tokopedia

Liverpool yang kini menempati peringkat keempat dengan 72 poin hanya butuh skor imbang saat melawan Brighton. Hal itu karena mereka unggul jauh dari Chelsea dalam urusan selisih gol. Sementara Chelsea yang tertinggal dua poin dari Liverpool wajib menang atas Newcastle. Untuk finis empat besar, Chelsea juga harus berharap Liverpool menelan kekalahan dari Brighton.

Mampukah Manchester City Tembus 100 Poin?
Kemenangan atas Brighton tengah pekan kemarin membuat City mengumpulkan 97 poin dari satu laga tersisa musim ini. Jadi, City akan memecah rekor sebagai tim Liga Inggris pertama dalam sejarah yang bisa menembus 100 poin apabila bisa menaklukkan Southampton di final day.

Salah Cetak Rekor Baru dalam Sejarah Top Scorer?
Winger Liverpool, Mohamed Salah, bakal mencatat rekor baru apabila bisa merobek gawang Brighton pada final day. Sejauh ini, Salah telah mengoleksi 31 gol di Liga permier musim ini, yang membuatnya sejajar dengan top scorer Alan Shearer (1955/1996), Cristiano Ronaldo (2007/2008), dan Luis Suarez (2013/2014).

Siapa Peraih Golden Boot?
Meski memimpin tiga gol atas Harry Kane di daftar top scorer sementara, Mohamed Salah  belum mendapat garansi bakal merah Golden Boot (Sepatu Emas) sebagai penghargaan untuk pemain tersebur dalam semusim di Liga Premier Inggris.

Kane masih bisa mengejar Salah apabila mencetak quattrick bersama Tottenham ke gawang Leicester di final day, sementara Salah tidak mencatatkan namanya di papan skor saat Liverpool bertemu Brighton.

Swansea atau Southampton yang Terdegradasi?
Stoke City dan West Brom sudah dipastikan terdegradasi ke Championship musim depan. Tinggal satu tim lagi yang bakal menyusul antara Swansea City atau Southampton. Swansea yang terjerumus ke posisi ke-18 tertinggal tiga poin atas Soton.

Swansea belum tentu bertahan di Liga Premier Inggris musim depan apabila menang atas Stoke, sementara Soton kalah dari Manchester City. Sebab, selisih gol Swansea kalah jauh dibandingkan Soton yakni -27 berbanding -18.