5 Pemain Muslim di Final Liga Champions 2018, Puasa Enggak Ya?

Mohammad Salah pemain terbaik Liga Inggris 2017/2018 (Instagram mosalah22)
13 Mei 2018 20:01 WIB Muhammad Rizal Fikri Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Pertandingan final Liga Champions 2017/2018 alan digelar pada Minggu (27/5/2018). Pertandingan final tersebut bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Bagimana nasib pemain muslim di pertandingan tersebut? Apakah mereka berpuasa?

Final Liga Champions kali ini akan mempertemukan klub asal Spanyol dan Inggris. Real Madrid akan melawan Liverpool untuk memastikan siapa yang paling layak disebut sebagai yang terbaik di benua biru. Pertandingan final diselenggarakan di Stadion Olimpiyskiy National Sports Complex, Kiev, Ukraina.

Ramadan Ekstra - Promo Belanja Kebutuhan Lebaran 2018 - Tokopedia

Berdasarkan penelusuran Solopos.com dari berbagai sumber, kedua klub tersebut memiliki pemain yang diketahui beragama Islam. Liverpool memiliki tiga permain yang beragama Islam, mereka adalah:

  • Mohamed Salah

    Pemain asal Mesir itu kini berusia 25 tahun. Berkat performanya di musim 2017/2018, Salah dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris.

  • Sadio Mane

    Pemain asal Senegal ini bisa dibilang sosok yang menyuplai bola untuk Salah. Pemain 26 tahun ini bergabung dengan Liverpool sejak 2016. Sebelumnya ia bermain untuk Southampton.

  • Emre Can

    Pemain tengah Liverpool ini masih berusia 24 tahun. Pria berkewarganegaraan Jerman ini bergabung ke Liverpool pada 2014.

Di sisi Real Madrid, ada dua pemain yang diketahui beragama Islam, mereka adalah

  • Karim Benzema

    Penyerang Real Madrid, Karim Benzema merupakan pria kelahiran Lyon, Prancis, 30 tahun lalu. Ia bergabung di Real Madrid sejak 2009.

  • Achraf Hakimi

    Achraf merupakan bek kanan Real Madrid yang masih berusia 19 tahun. Pria kewarganegaraan Maroko itu lahir di Spanyol. Ia merupakan didikan sekolah sepak bola Real Madrid. Ia dipromosikan ke tim utama sejak 2017.

Kelima pemain di atas diketahui beragama Islam, namun belum diketahui secara pasti apakah mereka semua akan berpuasa di hari pertandingan final Liga Champions nanti. Dilansir laman olahraga asal Spanyol, Marca, menyebut Salah, Mane, dan Emre adalah tiga pemain yang mempraktikan ajaran Islam. Sedangkan di Real Madrid hanya Achraf. Oleh karena itu besar kemungkinan keempat pemain itu akan berpuasa.

Jika puasa dimulai pada Kamis (17/5/2018), maka di hari pertandingan final puasa sudah berjalan kurang lebih 10 hari. Dengan asumsi Salah dan pemain lainnya berpuasa, mereka memiliki waktu 10 hari untuk mengatur siasat agar puasa tidak mengganggu performa permainan mereka.