Dihukum Home United, Persija Tersingkir dari AFC Cup 2018

Persija Jakarta vs Home United (persija_jkt)
15 Mei 2018 21:55 WIB Adib Muttaqin Asfar Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Persija Jakarta gagal melaju ke final Piala AFC 2018 zona ASEAN setelah menelan kekalahan menyakitkan dari Home United pada leg kedua semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kekalahan ini juga diwarnai diusirnya dua pemain Macan Kemayoran dari lapangan.

Absennya Andrittany Ardhiyasa di bawah mistar gawang Persija masih meninggalkan lubang besar. Tiga gol bersarang di gawang Rizki melengkapi tiga gol sebelumnya di leg pertama.

Di menit-menit awal, Persija sudah dikejutkan dengan gol cepat Home United yang dicetak Shahril Ishak pada menit ke-6. Persija langsung bereaksi dengan serbuan yang berujung pelanggaran terhadap Novri kotak penalti Home United. Wasit menunjuk titik putih pada menit ke-9 dan Marko Simic mengeksekusinya dengan baik. Skor menjadi 1-1.

Namun, hanya sampai di situ keperkasaan Persija di babak pertama. Tak lama kemudian, pada menit 12 tim kuat Singapura itu kembali mencetak gol. Sempat ditahan Rizki -- pengganti Andritany Ardhiyasa yang masih absen --, Shahril membuat gawang Persija bergetar dua kali.

Beberapa kali Persija berupaya mengejar ketertinggalan melalui sundulan Jaime dan Simic namun gagal menaklukkan kiper Home United. Petaka untuk Persija datang pada menit 37 saat Jaime diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Tak berselang lama, Home United kembali membobol gawang Rizki untuk kali ketiga. Persija tertinggal 1-3 di babak pertama.

Dalam situasi tertinggal, Persija memforsir serangan. Mereka mendominasi penguasaan bola namun masih gagal menghasilkan gol. Sundulan Marko Simic pada menit 51 hanya meluncur di atas mistar gawang.

Pada menit 61, Stefano Teco memberikan sedikit perubahan dengan memasukkan Addison Alves menggantikan Novri Setiawan. Addison memberikan ancamannya pada menit 70, namun bola masih menyampung.

Tak puas, Teco memasukkan Bambang Pamungkas pada menit 76 dan menarik Sandi Sute. Begitu pula dengan Ramdani Lestaluhu yang ditarik keluar dan digantikan Fitra Ridwan. Sayangnya, Home United telanjur bermain rapat di pertahanan dengan keunggulan jumlah pemain. Persija pun kalah dan terhenti di AFC Cup musim ini.