Juara DFB Pokal, Niko Kovac Buktikan Diri

Niko Kovac (Reuters/Kai Pfaffenbach)
20 Mei 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BERLIN — Tidak sedikit yang mengernyitkan dahi ketika Bayern Munich menunjuk Niko Kovac sebagai pelatih mereka musim depan. Wajar, karena pelatih asal Kroasia tersebut baru seumur jagung melakoni karier kepelatihannya.

Berbeda dengan dua pelatih sebelumnya, Bayern lebih suka mempercayakan pada der trainnersarat pengalaman, yakni Carlo Ancelotti dan Jupp Heynckes. Namun, Kovac mulai membuktikan bahwa pilihan Die Roten tidak salah.

Kovac membuktikannya secara langsung ketika tim besutannya, Eintracht Frankfurt, melumat Bayern dengan skor 3-1 di final DFB Pokal di Olympiastadion Berlin, Berlin, Minggu (20/5/2018) dini hari WIB. Dua gol pemain berdarah Kroasia, Ante Rebic, dan sebiji gol Mijat Gacinovi membuat Bayern mengubur mimpi meraih double winner musim ini. Die Roten  sendiri hanya mampu membalasnya dengan sebiji gol Robert Lewandowski.

“Inilah hidup. Saya senang dengan dukungan fans yang luar biasa untuk timku. Ketika Anda berdiri bersama, apa pun bisa Anda lakukan. Itu yang saya selalu ingat dari tim yang saya latih selama dua setengah tahun ini. Tahun lalu, kami gagal, namun tahun ini kami mewujudkannya. Kami layak mendapatkan ini,” ujar Kovac, seperti dilansir Reuters.

Berbeda 180 derajat dengan Kovac yang mengakhiri kariernya dengan manis bersama Frankfurt, Heynckes harus menutup petualangannya di Bayern dengan kecewa karena kekalahan di final DFB Pokal ini. Pelatih yang menyokong treble winner untuk Bayern pada 2013 lalu tersebut menyesal timnya gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang mereka peroleh.

“Kami tidak memanfaatkan peluang-peluang kami. Dalam olahraga ada tim yang menang meski kualitas permainannya sama dengan tim yang kalah. Malam ini kami sebenarnya bisa menghindari kekalahan. Namun Fraknfurt ambisius, kuat, dan punya semangat, mereka juga beruntung. Mereka layak memenangi gelar ini,” ujar pelatih berusia 73 tahun tersebut.

Sementara itu, bagi pemain Frankfurt, Kevin Prince Boateng, trofi DFB Pokal ini membuktikan dirinya juga bisa mengoleksi gelar seperti saudaranya, Jerome Boateng, yang berkostum Bayern. Sayangnya, Boateng tidak masuk skuat Bayern pada final kemarin. Bek Timnas Jerman itu disebut-sebut bakal hengkang dari Bayern akhir musim ini.