Final Liga Champions: Klopp Kesulitan Cari Kelemahan Madrid

Jurgen Klopp (Reuters/Phil Noble)
23 Mei 2018 20:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Pelatih Liverpool Jurgen Klopp  mengakui Real Madrid adalah tim yang tangguh dan kenyang pengalaman di Liga Champions. Dia pun mengaku sulit menemukan kelemahan Los Blancos.

Liverpool dan Madrid akan saling sikut di babak final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, Minggu (27/5/2018) pukul 01.45 WIB. Liverpool lolos ke final usai menyingkirkan AS Roma, sementara Madrid menghentikan laju Bayern Munchen.

Ini menjadi final ketiga Madrid secara beruntun. Dalam dua final sebelumnya, mereka menjadi juara dengan menaklukkan Atletico Madrid dan Juventus. Sedangkan Liverpool kali terakhir ke final Liga Champions adalah pada 2007 silam, saat dikalahkan AC Milan 1-2.

Tak sedikit yang percaya Liverpool bisa menghentikan dominasi Madrid di Liga Champions. Pasalnya, mereka memiliki lini serang yang ganas, terutama sosok Mohamed Salah yang menjadi mesin gol The Reds. Salah disebut bisa memanfaatkan posisi Marcelo yang memang kerap naik membantu serangan.

Namun Klopp menilai strategi sepak bola tak semudah itu. Bahkan dia menganggap Madrid adalah tim yang tak punya kelemahan. Selain tajam di lini depan dengan Cristiano Roanldo sebagai mesin gol, Madrid juga tangguh di lini belakang dengan Sergio Ramos sebagai palang pintu.

"Mereka dua kali memenangi Liga Champions, mereka kembali ke final lagi! Bayern Munchen berpikir bahwa mereka tim yang lebih baik dalam dua pertandingan, tapi apa yang lebih baik pada akhirnya?" kata Klopp seperti dilansir Four Four Two, Rabu (23/5/2018).

"Real membutuhkan empat peluang untuk mencetak dua gol. Bayern membutuhkan delapan untuk mencetak satu. Mereka berpengalaman dari kepala sampai ujung kaki. Mereka tak punya kelemahan."

"Sepak bola tak semudah seperti yang anda bilang, 'andai Marcelo maju, dan kami meninggalkan Mo Salah di ruang itu, Salah berhadapan dengan Ramos'," tandas Klopp.