Gabung Klub Jepang, Iniesta Dibebani Target Tinggi

Andres Iniesta bergabung dengan Vissel Kobe (Reuters/Toru Hanai)
24 Mei 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, TOKYO —Bukan Liga China, bukan pula liga di Timur Tengah. Andres Iniesta akhirnya berlabuh ke Jepang untuk melanjutkan karier selepas meninggalkan Barcelona akhir musim ini. Gelandang mungil itu akan membela Vissel Kobe, klub peserta J-League, dan mengenakan nomor punggung delapan.

Peresmian kepindahan Iniesta itu diumumkan di depan publik pada Kamis (24/5/2018) WIB di Tokyo. Sang pemain menyusul eks striker Timnas Jerman, Lukas Podolski, yang sudah membela Vissel sejak 2017. Vissel Kobe tidak menjelaskan secara detail nilai kontrak serta jangka waktu sang pemain bakal membela tim itu.

Bergabungnya Iniesta ke Vissel Kobe tak lepas dari campur tangan Hiroshi Mikitani, yang merupakan Chairman perusahaan elektronik Jepang, Rakuten. Diketahui, Rakuten adalah sponsor utama Barcelona,sekaligus sponsor utama Vissel Kobe.

Dalam pernyataan resminya, Vissel Kobe menyebut kehadiran Iniesta bakal meningkatkan profil sepak bola Jepang di mata dunia. Tim juga berharap kehadiran legenda Barcelona itu bisa mengangkat performa tim. Sejauh ini Vissel berada di posisi keenam di J-League dan tertinggal 15 poin dari pemuncak klasemen, Sanfrecce Hiroshima.

“Sebagai 'New Vissel Kobe', kami ingin bekerja keras untuk mencapai tujuan kami menjadi klub nomor satu di Asia,” ujar Mikitani seperti dilansir ESPN, Kamis.

Iniesta mengaku antusias dengan kepindahannya ke tim asuhan Takayuki Yoshida. Bisa dibilang Iniesta adalah pemain top pertama asal Spanyol yang meniti karier di Negeri Sakura. Iniesta punya alasan khusus hingga menjatuhkan pilihan ke J-League ketimbang liga lain. Sang gelandang memang sempat hampir bergabung ke tim Liga Tiongkok, Chongqing Yifan.

“Ini adalah tantangan paling penting untuk diri dan karier saya. Saya berharap bisa berkontribusi besar untuk kemajuan klub dan juga sepak bola Jepang,” ujar pemain 34 tahun itu.