Final Liga Champions: Tarif Hotel Naik 100 Kali Lipat, Ribuan Fans Madrid Batal Nonton

Para pemain Real Madrid merayakan gol (Reuters)
26 Mei 2018 01:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, KIEV — Fans Real Madrid mengembalikan lebih dari 1.000 tiket final Liga Champions antara Madrid melawan Liverpool yang akan digelar di Kiev, Ukraina, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Pendukung Los Blancos kecewa dengan tuan rumah yang gagal mengontrol lonjakan biaya akomodasi dan perjalanan jelang final akbar.

Beberapa hotel di Kiev terbukti meningkatkan tarif untuk turis hingga 100 kali lipat. Sebagai perbandingan, seorang turis biasanya hanya perlu mengeluarkan duit sebesar UAH 1.200 (Rp650.038) untuk menginap di sekitar Kiev Lukyanivka. Namun pada malam final Liga Champions, harga hotel di wilayah itu meroket 116 kali menjadi UAH 140.000 (Rp75.861.811).

Tokopedia

Sialnya, ribuan tiket yang diretur tersebut tak dapat dijual ke fans Liverpool lantaran pertimbangan keamanan. UEFA pun mengalihkan alokasi tiket untuk pendukung lokal di Ukraina. Tak hanya Madrid, Liverpool bahkan sampai mengajukan komplain resmi pada UEFA terhadap keberadaan oknum yang mendongkrak harga tiket pesawat dan tarif bermalam di sejumlah hotel di Kiev.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, serta Wakil Presiden, Grigoriy Surkis, terang-terangan mencela keputusan para pemilik hotel di Kiev. Surkis sangat kecewa pada para kapitalis yang memanfaatkan momen bersejarah hanya untuk mengeruk keuntungan. “Saya kira ini sangat memalukan. Memang benar hal ini juga terjadi di kota-kota lain, tapi hanya sepuluh kali lipat,” kritiknya seperti dilansir The 42, Jumat (25/5/2048).

Pada bagian lain, sekitar 1000 fans Liverpool  juga terancam terdampar di bandara Inggris karena terdapat beberapa penerbangan yang dibatalkan. Ini setelah otoritas bandara tidak bisa mengalokasikan tiga pesawat yang sedianya mengangkut suporter The Reds. Dilansir BBC, Liverpool mengklaim batalnya keberangkatan itu karena ukuran pesawat yang terlalu besar untuk datang ke bandara Boryspil.

Liverpudlian sendiri sudah membayar mahal untuk menyaksikan langsung Mohamed Salah dkk bertanding di Kiev. Tiap suporter dikenakan biaya 1.000 poundsterling atau hampir Rp19 juta. Asif Badat, 32, seorang fans Liverpool dari Leeds, mengaku berupaya tetap berangkat lewat jalan lain.

“Baru-baru ini kami diberi jaminan tentang tiket dan kemudian tiba-tiba penerbangan dibatalkan. Saya sekarang mempertimbangkan terbang ke Rumania dan mengemudi 10 jam dari sana,” ucap Badat.