Profil Tim Piala Dunia 2018: Portugal: Asa Juara Eropa

Timnas Portugal. (Reuters)
26 Mei 2018 05:30 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Berstatus Juara Piala Eropa 2016, Portugal memasuki Piala Dunia dengan penuh percaya diri. Tak hanya itu, penampilan Portugal di fase kualifikasi grup juga terbilang memuaskan. Maka tak aneh bila Portugal punya harapan tinggi di Piala Dunia 2018 ini.

Timnas Portugal berhasil menjadi juara Grup B kualifikasi Zona Eropa meski hanya unggul selisih gol dari Swiss dengan 27 poin dari 20 pertandingan. Modal ini akan dibawa untuk berlaga di putaran final Piala Dunia 2018.

Sejarah Portugal di Piala Dunia memang tidak sebaik tim-tim Sejauh ini, dari 20 perhelatan Piala Dunia, Portugal hanya enam kali berhasil menembus babak final. Prestasi terbaik Portugal di Piala Dunia berhasil diraih pada tahun 1966. Kala itu untuk pertama kalinya Portugal lolos ke babak final sekaligus mengamankan posisi ketiga.

Meski demikian, kiprah Portugal di Piala Dunia 2014 lalu tidak berjalan baik. Di fase grup, Portugal dibantai 0-4 oleh Jerman - yang juga sukses menjadi juara di tanah Brasil. Portugal bahkan gagal mengalahkan Amerika Serikat dan membuat langkah mereka terhenti di fase grup.

Gagal meraih target di Piala Dunia 2014, Portugal lantas melakukan perubahan penting di babak kualifikasi Euro 2016. Federasi Portugal menunjuk Fernando Santos untuk menggantikan Paulo Bento yang dinilai kurang memuaskan. Santos pun terbukti berhasil membawa Portugal menjadi juara Euro 2016 dan berperan besar pada pembentukan tim yang tampil di Piala Dunia 2018 kali ini.

Skuat yang dibawa pelatih Fernando Santos ke Piala Dunai 2018 ini tak jauh berbeda dengan para penggawa yang memenangi Piala Eropa 2016. Rui Patricio masih menjadi andalan di bawah mistar gawang. Begitu pula bek sangar Kepler Laveran de Lima alias Pepe. Satu posisi di palang pintu berganti menyusul pensiunnya Ricardo Carvalho. Bruno Alves atau Jose Fonte akan menjadi penamping Pepe.

Sedangkan di posisi bek sayap, Portugal memanfaatkan tenaga muda dalam diri Cedric Soares dan Raphael Guerreiro. Yang mengejutkan, Santos cukup percaya diri dengan tak memanggil bek muda Barcelona, Nelson Semedo. Namun, amunisi ini dianggap sudah cukup.

Ada sebuah anggapan bahwa “Cristiano Ronaldo adalah orang yang membuat seluruh dunia memperhatikan Portugal.” Sebagai kapten, ia memimpin Selecao das Aquinas ke tangga juara. Sekarang di usianya yang menginjak 33 tahun, adalah kesempatan terakhir bagi Ronaldo untuk menjadi juara dunia.

Selain Ronaldo, Portugal benar-benar memiliki banyak opsi di lini menyerang. Dari para veteran seperti Ricardo Quaresma, hingga bintang muda Andre Silva dan Goncalo Guedes, semuanya berkualitas. Pahlawan di final Piala Eropa 2016, Eder, memang tidak lagi dipanggil. Namun, dengan adanya nama-nama di atas, Portugal memang terlihat mengerikan dan layak diunggulkan.

Di Piala Dunia 2018, Portugal tergabung bersama Spanyol, Maroko, dan Iran. Duel pertama langsung mempertemukan Portugal versus Spanyol.

Berikut daftar 23 pemain yang masuk skuad bayangan timnas Portugal di Piala Dunia 2018;

Kiper: Anthony Lopes (Lyon), Beto (Goztepe), Rui Patricio (Sporting CP).

Bek: Bruno Alves (Rangers FC), Cedric Soares (Southampton), Jose Fonte (Dalian Yifang), Mario Rui (Napoli), Pepe (Besiktas), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund), Ricardo Pereira (Porto), Ruben Dias (Benfica).

Gelandang: Adrien Silva (Leicester), Bruno Fernandes (Sporting CP), Joao Mario (West Ham United), Joao Moutinho (AS Monaco), Manuel Fernandes (Lokomotiv Moskva), William Carvalho (Sporting CP).

Penyerang: Andre Silva (AC Milan), Bernardo Silva (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Gelson Martins (Sporting CP), Goncalo Guedes (Valencia), Ricardo Quaresma (Besiktas).