Tato Senapan Sterling Bikin Heboh

Raheem Sterling (Reuters/Carl Recine)
30 Mei 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON – Sudah jamak bagi pesepakbola profesional zaman sekarang memiliki tato di tubuhnya. Mereka merajah badan untuk menunjukkan hubungan yang amat personal dengan keluarga, Sang Pencipta hingga tak jarang hewan peliharaan. Ada pula yang menato tubuh dengan alasan seni dan estetika.

“Kesakralan” makna tato mestinya tak perlu diperdebatkan. Sudah masuk ranah pribadi. Namun hal itu tak terjadi pada Raheem Sterling. Publik Inggris langsung heboh saat melihat Sterling memiliki tato bergambar senjata M16 di kaki kanannya. Tato tersebut terlihat sangat winger Manchester City ini menjalani sesi latihan Timnas Inggris jelang Piala Dunia 2018, Selasa (29/5/2018).

Dilansir Mirror, Selasa, kelompok anti-senapan di Inggris menilai tato Sterling adalah hal menjijikkan dan tak bisa diterima. Sebagai pesepakbola dengan nama besar, Sterling diminta untuk menjadi panutan bagi khalayak. “Dia malah memilih untuk mengagungkan senjata seperti itu,” ujar Lucy Cope dari komunitas Mother Against Guns.

Tak tanggung-tanggung, Mother Against Guns mendesak Gareth Southgate mendepak Sterling dari Timnas apabila sang pemain tak segera menghapus tato tersebut. “Dia bisa melaser tato itu atau menutupnya dengan tato lain. Jika dia menolak, dia mestinya ditendang dari skuat,” lanjut Cope.

Sterling pun langsung mengklarifikasi setelah tato berwarna hitam itu menjadi perdebatan. Dia memastikan tak pernah tertarik menggunakan senjata sembari menceritakan kisah emosionalnya dengan almarhum sang ayah.

“Ketika saya masih berumur dua tahun, ayah ditembak mati menggunakan senapan. Saya berjanji pada diri sendiri tak akan pernah menyentuh pistol atau senapan sepanjang hidup,” ujar Sterling di akun Instagramnya.

Sterling pun menjelaskan makna lain kenapa tato itu diletakkan di kaki kanannya. “Saya menembak [bola] dengan kaki kanan. Lagipula [tato] ini belum selesai,” tutur pemain 23 tahun itu

Tak melulu kecaman, Sterling juga mendapat pembelaan terkait tato senapan. “Senjata tak membunuh orang, tato Sterling melakukannya,” sindir pemilik akun twitter Dillatronic.

“Saya suka Sterling. Dia bertalenta dan menjadi panutan anak-anak. Tato senjata mungkin bukan ide terbaik, tapi siapa yang peduli? Itu hanya tato. Tinggalkan dia sendiri,” ujar pemilik akun Oliver Kay.

Legenda Three Lions, Gary Lineker, bahkan sangat marah dengan media Inggris yang mencari-cari kesalahan Sterling. “Negara ini unik, menghancurkan moral pemain sebelum turnamen akbar. Ini aneh, tidak patriotik dan menyedihkan,” ujarnya dilansir BBC.