Olivier Giroud, Peluru Utama Prancis di Piala Dunia 2018

Olivier Giroud (Reuters/Charles Platiau)
30 Mei 2018 13:45 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, PARIS — Olivier Giroud merupakan satu-satunya striker natural yang masuk skuat Prancis untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, JuniJuli mendatang. Sejatinya, Pelatih Prancis, Didier Deschamps, memasukkan tujuh penyerang dalam skuat berisi 23 nama ke Piala Dunia musim panas ini. Tapi, enam pemain lainnya biasa berposisi melebar alih-alih sebagai goal getter.

Hal itu pun bisa menjadi keuntungan bagi Giroud. Dia menjadi calon utama tandem Antoine Griezmann di lini depan Prancis pada Piala Dunia 2018 nanti. Seperti halnya Euro 2016 lalu, Deschamps memang kembali lebih memilih Giroud ketimbang striker Real Madrid, Karim Benzema, untuk Piala Dunia 2018. Padahal, produktivitas Benzema sebenarnya lebih baik ketimbang Giroud di level klub musim ini.

Benzema bahkan baru saja membawa klubnya, Real Madrid, menjadi juara Liga Champions. Meski demikian, Giroud kembali berusaha membayar kepercayaan Deschamps. Striker berusia 31 tahun itu menggenapi koleksi golnya untuk Les Bleus, julukan Timnas Prancis, menjadi 31 gol setelah merobek gawang Rep. Irlandia pada laga persahabatan di Parc des Princes, Paris, Selasa (29/5/2018) dini hari WIB.

Deschamps tidak memasukkan Griezmann di starting XI lantaran striker Atletico Madrid baru saja bergabung dengan Timnas Prancis setelah menjuarai Liga Europa. Deschamps pun memasang Giroud bersama Kylian Mbappe dan Nabil Fekir di barisan serang Les Bleus dalam uji coba tersebut.

Giroud memecah kebuntuan Prancis dengan golnya di menit ke-40. Dia meneruskan bola muntah hasil sundulannya yang tak mampu diblok sempurna kiper Irlandia, Colin Doyle. Sementara Fekir menggandakan keunggulan Prancis menjadi 2-0 sekitar tiga menit kemudian, lagi-lagi karena kesalahan Doyle.

Giroud menyamai rekor pemain legendaris Prancis, Zinedine Zidane, yang mencetak 31 gol untuk Les Bleus. Hanya, Thierry Henry, Michel Platini, dan David Trezeguet yang lebih moncer ketimbang Giroud dalam sejarah Timnas Prancis. “Tentu saya merasa sangat bangga. Zizou [sapaan Zidane] merupakan legenda Timnas Prancis dan menurutku ini jelas-jelas kepuasan yang tak ternilai untuk level personal,” jelas Giroud, seperti dilansir Espn.com.

Penyerang Chelsea ini sebenarnya nyaris tidak mendapatkan tempat di Piala Dunia 2018. Sebab, ia tersisihkan saat masih bersama Arsenal pada paruh pertama musim 2017/2018. Namun, Januari lalu, ia memutuskan pindah ke Chelsea. Keputusan itu pun sangat tepat. Dia merasa terlahir kembali dengan mencetak tiga gol dalam 13 laga Liga Premier dan dua kali mencatatkan namanya di papan skor pada Piala FA. Giroud pun ikut membantu Chelsea menjadi juara Piala FA.

”Saya harus mendorong diriku sendiri di Chelsea sepanjang waktu. Saya beruntung selalu membuat keputusan tepat, kalau boleh dibilang demikian. Ini bukan soal mengambil keputusan tepat. Anda harus unjuk gigi juga. Saya punya peluang melakukannya dan saya bahagia,” ujar dia.