Piala Dunia 2018: Bekal Sempurna Argentina

Timnas Argentina (Reuters/Marcos Brindicci)
31 Mei 2018 01:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BUENOS AIRESLionel Messi pernah mengaku rela menukar semua trofi yang diperolehnya di level klub dengan satu gelar Piala Dunia.

Hampir semua gelar di level klub memang pernah diperoleh Messi. Sebanyak 32 trofi bergengsi diraihnya bersama Barcelona. Kesuksesan pemain berjuluk La Pulga  ini merembet di penghargaan individu dengan meraup lima Ballon d’Or. Ironisnya, Messi belum pernah merasakan kenikmatan memeluk trofi Piala Dunia bersama Argentina.

Tiga putaran final Piala Dunia pernah dijalani Messi, masing-masing Piala Dunia 2006 (Jerman), Piala Dunia 2010 (Afrika Selatan), dan Piala Dunia 2014 (Brasil). Tapi La Pulga selalu gagal mengangkat gelar pertamanya di turnamen sepak bola paling prestisus sejagat tersebut. Penderitaan Messi memburu  trofi Piala Dunia itu tergambar dengan jelas dalam foto karya fotografer Bao Tailiang yang dimuat Chengdu Economic Daily. Foto itu menunjukkan tatapan penuh harap Messi di depan trofi Piala Dunia setelah timnya kandas 0-1 dari Jerman di babak final.

Messi pun bakal kembali mencoba peruntungannya di Piala Dunia kali keempatnya di Rusia, 14 Juni-14 Juli 2018 nanti. Bersama Timnas Argentina, Messi dkk berpamitan kepada seluruh rakyat Argentina dengan menggelar laga persahabatan melawan Haiti di La Bombonera, Buenos Aires, Rabu (30/5/2018) dini hari WIB.

Itu merupakan laga terakhir pasukan Jorge Sampaoli di Argentina sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia. Setelah itu, mereka akan terbang ke Barcelona untuk melakoni persiapan menghadapi laga Grup D melawan Islandia (16 Juni), Kroasia (21 Juni), dan Nigeria (26 Juni). Argentina menggempur Haiti 4-0. Messi bermain cemerlang dengan mencetak hattrick, salah satunya dari titik penalti.

Ini merupakan hattrick keenam Messi dalam kariernya untuk Argentina, sekaligus pertamanya setelah tiga kali merobek gawang Ekuador di kualfikasi zona Conmebol yang memastikan Argentina lolos dari lubang jarum ke Piala Dunia 2018.

Messi sekaligus menahbiskan diri sebagai pemain Amerika Latin tersubur kedua dalam sejarah di panggung internasional dengan 64 gol, setelah legenda Brasil, Pele, yang mengoleksi 77 gol. Dalam laga persahabatan ini, Messi juga menyokong satu assist untuk sahabatnya, Sergio Aguero, yang melesakkan gol penutup Argentina ke gawang Haiti.

“Lebih dari hasil, kami bisa ucapkan selamat tinggal kepada fans kami dan menunjukkan kami akan pergi ke Rusia dengan harapan. Kami bukan favorit karena kami mengalami masa sulit di kualifikasi, namun kami berlatih dengan baik dan kami akan mengerahkan segala kemampuan kami,” jelas Messi, seperti dilansir Reuters.