13 Kali Tak Terkalahkan, Bekal Peru Menuju Piala Dunia 2018

Timnas Peru (Reuters/Mariana Bazo)
31 Mei 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIMA — Peru berada di grup yang tak mudah di Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Los Incas tersebut tergabung di Grup C yang berisi Prancis, Denmark, dan Australia.

Meski demikian, Peru tidak perlu berkecil hati. Tim yang dinakhodai Ricardo Gareca tersebut menorehkan tren impresif menjelang kick-off Piala Dunia, 14 Juni 2018 mendatang. Los Incas meneruskan streak tak terkalahkan menjadi 13 pertandingan di semua ajang setelah meremukkan Skotlandia 2-0 pada laga persahabatan di Estadio Nacional de Lima, Lima, Rabu (30/5/2018) pagi WIB.

Tokopedia

Dua gol Peru masing-masing disumbang Christian Cuevas dari titik penalti pada menit ke-37 dan pemain CSKA Moskow, Jefferson Farfan, di babak kedua. Peru pun menyamai rekor tak terkalahkan terpanjang mereka pada 1937-1941.

Streak tak terkalahkan Peru itu diperoleh sejak mereka ditahan Venezuela pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol, Maret 2017 silam. Seperti dilansir Elcomercio.pe, Peru meraup sembilan kemenangan dalam 13 laga tak terkalahkan secara beruntun tersebut. Sisanya, yakni empat laga, berakhir dengan skor imbang. Gareca yang telah memoles Peru sejak 2015 membuat timnya tetap percaya diri meski tidak diperkuat kapten mereka, Paolo Guerrero, karena terkena sanksi doping.

Skotlandia sendiri tidak turun dengan kekuatan penuh. Pelatih Skotlandia, Alex McLeish, memberikan kesempatan kepada tujuh debutan. Meski menelan kekalahan, McLeish tetap bangga dengan permainan anak didiknya yang bisa mengatasi tekanan besar dari puluhan ribu penonton tuan rumah.

"Saya bangga dengan mentalitas yang mereka tunjukkan di stadion ini. Membawa para pemain masuk tim ini untuk kali pertama, yang tertanam dalam kepala Anda bagaimana mereka tidak membuat kesalahan besar, dan mereka bisa mengatasinya dengan baik,” jelas McLeish, seperti dilansir BBC.