Profil Tim Piala Dunia 2018: Prancis Andalkan Pemain Muda Berkualitas

Timnas Prancis. (Istimewa - Twitter)
01 Juni 2018 01:00 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Timnas Prancis menjadi satu dari sekian banyak finalis Piala Dunia 2018 yang mengandalkan deretan pemain muda. Prancis berpotensi untuk bisa menjadi juara di tahun ini setelah di Piala Eropa dua tahun lalu mereka dikandaskan Portugal pada laga puncak.

Prancis mendapat grup yang relatif mudah di kualifikasi Piala Dunia kali ini. Praktis hanya Swiss dan Belanda yang perlu diperhitungkan, meskipun kekuatan keduanya masih belum mencapai level Prancis. Namun Prancis beberapa kali hampir tersandung saat melawan tim yang relatif mudah seperti imbang melawan Belarusia dan Luksemburg.

Tokopedia

Sang pelatih Didier Deschamps membawa seluruh pemain bintang terbaik yang mereka miliki ditambah beberapa pemain muda berkualitas. Dari mulai Paul Pogba, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, N’golo Kante, Raphael Varane hingga kiper senior Hugo Lloris.

Prancis saat ini menempati posisi kesembilan dalam ranking FIFA. Tim berjuluk Les Bleus ini sudah 14 kali menembus babak final Piala Dunia dari 17 kesempatan. Pertama kali Prancis tampil di Piala Dunia pada tahun 1930, dan terakhir kalinya pada tahun 2014 lalu.

Prancis sudah lima kali menembus babak semifinal, dua kali tampil di final dan sekali meraih juara pada tahun 1998. Prancis kedua kalinya mencapai final Piala Dunia pada tahun 2006, namun mereka kalah adu penalti dari Italia dan harus melepaskan gelar juara.

Sedangkan pada Piala Dunia 2014 Brasil kemarin, langkah Prancis harus terhenti di perempat final oleh Jerman. Jerman pun berhasil menjadi juara Piala Dunia edisi tersebut.

Deschamps telah memutuskan 23 nama inti yang akan dibawa ke Rusia bulan depan. Dari semua nama, pelatih 49 tahun tersebut hanya mempertahankan 9 nama skuat Piala Eropa 2016, yaitu Hugo Lloris, Adil Rami, N’golo Kante, Samuel Umtiti, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Blaise Matuidi, dan Steve Mandanda.

Sisanya merupakan para pemain yang sanggup tampil konsisten selama kompetisi musim 2017-2018. Beberapa di antaranya seperti top skor kedua Ligue 1, Florin Thauvin, youngster Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe dan Presnel Kimpembe, gelandang energik Lyon, Nabil Fekir, hingga rekan duet Sergio Ramos di Real Madrid, Raphael Varane, yang absen di Piala Eropa 2016 karena mengalami cedera.

Berikut skuad Prancis untuk babak final Piala Dunia 2018;

Kiper: Alphonse Areola (PSG), Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Marseille).

Bek: Lucas Hernandez (Atletico Madrid), Presnel Kimpembe (PSG), Benjamin Mendy (Manchester City), Benjamin Pavard (Stuttgart), Adil Rami (Marseille), Djibril Sidibe (Monako), Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid)

Gelandang: N'Golo Kante (Chelsea), Blaise Matuidi (Juventus), Steven N'Zonzi (Sevilla) Paul Pogba (Manchester United), Corentin Tolisso (Bayern Munich)

Penyerang: Ousmane Dembele (Barcelona), Nabil Fekir (Lyon), Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Thomas Lemar (Monaco), Kylian Mbappe (PSG), Florian Thauvin (Marseille).