Profil Tim Piala Dunia 2018: Jepang, Kekuatan Asia!

Timnas Jepang (Reuters/Toru Hanai)
01 Juni 2018 08:30 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Jepang merupakan langganan Piala Dunia. Mereka pun kembali berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia edisi 2018. Maklum, tim berjuluk Samurai Biru adalah salah satu kekuatan di Asia dan relif mudah lolos dari babak kualifikasi.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018 ini, Jepang langsung menuju putaran kedua karena statusnya sebagai tim raksasa Asia. Di putaran kedua, mereka tergabung di grup E bersama Suriah, Singapura, Afghanistan, dan Kamboja. Jepang melaju mulus dan didampingi oleh Suriah. Mereka tak terkalahkan di fase tersebut.

Berlanjut ke putaran ketiga, Jepang tergabung di Grup B bersama Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, Iraq, dan Thailand. Grup ini terbilang berat, namun Jepang masih bisa melaluinya. Mereka lolos sebagai juara grup mengungguli Arab Saudi dan Australia. Jepang pun lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Meski merupakan salah satu tim terkuat di Asia, Jepang baru bisa lolos ke Piala Dunia pada 1998. Maklum, sepak bola Jepang baru diperhitungkan di era 90-an. Setelah itu, Jepang selalu menjadi langganan kontestan Piala Dunia. Namun, mereka lebih banyak tersingkri lebih dini.

Prestasi terbaik Jepang d Piala Dunia adalah bisa lolos ke babak 16 besar. Hal itu dicapai pada Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2010. Kini, mereka pun berharap bisa memperbaiki prestadi. Pada Piala Dunia 2018 ini, Jepang tergabung di Grup H bersama Polandia, Kolombia, dan Senegal.

Demi mendapatkan hasil terbaik, Jepang akan mengandalkan sejumlah pemain mereka yang merumput di Eropa. Salah satunya adalah Shinji Kagawa. Kagawa merupakan pemain yang menonjol di Jepang saat ini. Kagawa merupakan gelandang serang yang bermain bersama Borussia Dortmund, setelah sebelumnya sempat membela raksasa Inggris Manchester United.

Kagawa sudah bermain di Timnas Jepang untuk kelompok U-19, U-20 dan U-23. Ia menjalani debut di Timnas Senior Jepang pada 2008 saat ia masih berusia 19 tahun. Hingga saat ini ia sudah mengoleksi 89 caps untuk Jepang dan sudah mengumpulkan 29 Gol.

Selain Kagawa, Jepang juga masih punya striker Shinji Okazaki yang bermain di Liga Premier Inggris bersama Leicester City. Ada pula bek Maya Yoshida yang memperkuat Southampton. Jangan lupakan Keisuke Honda yang sempat malang melintang di Eropa meski kini membela klub Meksiko, CF Pachuca.

Di Piala Dunia 2018 ini, Jepang akan ditangani oleh pelatihAkira Nishino. Dia menggantikan posisi Vahic Halihodzic yang mengundurkan diri. Padahal, Halihodzic merupakan sosok yang berjasa membawa Jepang lolos ke Piala Dunia 2018. Menatrik melihat kiprah Jepang di turnamen sepak bola paling akbar sejagad ini.

Berikut skuat Jepang di Piala Dunia 2018 seperti dikutip dari Bleacher Report:

Kiper: Eiji Kawashima, Masaaki Higashiguchi, Kosuke Nakamura

Bek: Yuto Nagatomo, Tomoaki Makino, Maya Yoshida, Hiroki Sakai, Gotoku Sakai, Gen Shoji, Wataru Endo, Naomichi Ueda

Gelandang: Makoto hasebe, Keisuke Honda, Takashi Inui, Shinji Kagawa, Hotaru Yamaguchi, Genki Haraguchi, Takashi Usami, Gaku Shibasaki, Ryota Ohshima

Penyerang: Shinji Okazaki, Yuya Osako, Yoshinori Muto