Profil Tim Piala Dunia 2018: Nigeria, Bertumpu pada Kecepatan Winger

Nigeria (Reuters/Afolabi Sotunde)
01 Juni 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Nigeria menjadi salah satu kontestan Piala Dunia 2018  dari Benua Afrika. Nigeria merupakan negara langganan di Piala Dunia untuk mewakil Benua Hitam. Hal itu tak mengejutkan mengingat talenta-talenta yang dimiliki negara tersebut.

Namun, Nigeria sendiri awalnya kesulitan untuk menjadi negara yang disegani di Afrika dalam hal sepak bola. Kali pertama mereka mengikuti Piala Dunia adalah pada 1962 silam, namun terhenti di babak kualifikasi dan gagal ke putaran final. Tim berjuluk Super Eagles itu baru bisa lolos ke putaran final pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Setelah itu, Nigeria terus menjadi kontestan langganan di putaran final Piala Dunia hingga kini kecuali edisi 2006.

Tokopedia

Nigeria lolos ke putaran final ke Piala Dunia 2018 di Rusia sebagai juara Grup B kualifikasi zona Afrika. Awalnya, Nigeria harus melalui putaran kedua kualifikasi dulu melawan Swaziland. Nigeria menang dengan agregat 2-0 dan akhirnya lolos ke putaran ketiga kualifikasi. Di putaran ini, Nigeria tergabung di Grup B bersama Zambia, Kamerun, dan Aljazair. Mereka menjadi juara grup dengan koleksi 13 poin hasil empat kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Di Piala Dunia 2018, Nigeria tergabung di grup D bersama Argentina, Kroasia, dan Islandia. Nigeria pun menjadi tim yang tidak diunggulkan di grup ini. Argentina dan Kroasia dianggap menjadi sua tim yang paling menonjol mengingat materi pemain dari kedua tim itu yang sangat mumpuni. Namun, Nigeria tetap saja tak boleh disepelekan.

Nigeria memiliki Victor Moses yang tentu bisa menjadi pembeda. Moses yang kini bermain untuk Chelsea merupakan pemain yang beroperasi di posisi penyerang sayap. Namun, di level klub dia lebih banyak dimainkan sebagai wing-back. Kendati demikian, dia masih mampu memberikan ancaman ke lini belakang lawan lewat tusukan-tusukannya.

Selain Moses, Nigeria juga masih memeiliki Kelechi Iheanacho, Alex Iwobi, dan Ahmed Musa. Ketiga pemain itu memiliki kecepatan untuk memborbardir lini belakang lawan. Sementara di lini tengah ada gelandang Leicester City, Wilfred Ndidi. Ndidi dikenal sebagai gelandang jangkar yang tangguh.

Yang tak kalah menonjol adalah pelatih mereka, Gernot Rohr. Pelatih asal Jerman ini menjadi sosok yang paling berpengaruh untuk membawa Nigeria ke Rusia. Rohr sebelumnya menangani Timnas Gabon dan Burkina Faso.

Berikut skuat sementara Nigeria di Piala Dunia 2018 seperti dikutip dari Bleacher Report:

Kiper: Francis Uzoho, Ikechukwu Ezenwa, Daniel Akpeyi

Bek: William Troost-Ekong, Abdullahi Shehu, Tyronne Ebuehi, Olaoluwa Aina, Elderson Echiejile, Bryan Idowu, Chidozie Awaziem, Leon Balogun, Kenneth Omeruo

Gelandang: John Obi Mikel, Ogenyi Onazi, Wilfred Ndidi, Oghenekaro Etebo, John Ogu, Joel Obi, Mikel Agu

Penyerang: Ahmed Musa, Kelechi Iheanacho, Victor Moses, Odion Ighalo, Alex Iwobi, Simeon Nwankwo