Neuer Layak Jadi Kiper Nomor Satu Jerman?

Manuel Neuer (Reuters/Leonhard Foeger)
01 Juni 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, KLAGENFURT — Sudah sembilan bulan terakhir Manuel Neuer harus menepi dari lapangan hijau karena patah kaki. Meski lama absen, kiper Bayern Munchen itu nyatanya tetap masuk skuat sementara Jerman untuk Piala Dunia (PD) 2018.

Belakangan Neuer giliran dijagokan kembali mengisi pos kiper utama Tim Panser  menggeser Marc Andre ter Stegen. Pelatih Jerman, Joachim Low, dikabarkan memberi kesempatan Neuer menjadi kiper inti saat laga persahabatan melawan Austria di Worthersee Stadion, Sabtu (2/6/2018), malam WIB. Partai tersebut bisa menjadi ujian kelayakan sejauh mana tingkat kebugaran pemain berjuluk Sweeper Keeper itu untuk Piala Dunia 2018.

Tokopedia

“Begitulah rencananya, dia akan main hari Sabtu. Tak ada halangan dan itu adalah laga yang dia butuhkan agar 100% fit,” ujar pelatih kiper Timnas Jerman, Andreas Koepke, dilansir Reuters, Jumat (1/6/2018).

Sebelum comeback di laga melawan Austria, Neuer telah “pemanasan” dalam pertandingan melawan Jerman U-20 di sela pemusatan latihan pada Senin (28/5/2018) dan Rabu (30/5/2018). Koepke mengatakan Neuer hanya perlu mengembalikan vitalitas setelah absen cukup lama. Dia mengklaim sang kiper tak memiliki masalah untuk kekuatan lompatan hingga mobilitas.

“Dia berada di jalur yang kami bayangkan, semua terlihat berhasil,” tutur legenda Borussia Dortmund itu.

Austria bisa menjadi ujian lumayan bagi kiper 32 tahun itu. Das Team, julukan Austria, punya striker berkualitas macam Marco Arnautovic dan Guido Burgstaller. Austria juga selalu menang di enam laga terakhir mereka. Dengan batas pendaftaran skuat final pada 4 Juli, Neuer punya waktu tiga hari untuk membuktikan diri.

Saat ini ada empat kiper yang menjadi kandidat dibawa ke Rusia. Selain Neuer dan Ter Stegen, ada nama Kevin Trapp dan Bernd Leno. Manajer Timnas Jerman, Oliver Bierhoff, memberi sinyal posisi Neuer sulit tergantikan di penjaga gawang utama tim.

“Manuer akan jadi kiper nomor satu kami di Piala Dunia. Jika dia masuk skuat, maka Marc-Andre bakal jadi pelapisnya,” ujarnya dilansir ESPN