Piala Dunia 2018: Inggris Punya Rekor Buruk di Adu Penalti

Timnas Inggris (Reuters/David Klein)
02 Juni 2018 01:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BURTONPiala Dunia 2018 di Rusia memang masih akan berlangsung dua pekan lagi. Fase knock-out turnamen lebih lama lagi, baru dimulai awal Juli 2018. Namun horor kegagalan di adu tendangan penalti sudah di pelupuk mata Timnas Inggris.

Ya, The Three Lions menyimpan banyak kisah buruk saat menghadapi babak tos-tosan. Dari tujuh situasi menghadapi drama adu penalti di turnamen antarnegara Eropa maupun dunia, cuma sekali Inggris bisa memenanginya. Kesuksesan tunggal itu terjadi di Piala Eropa 1996 saat menyisihkan Spanyol di babak perempatfinal.

Tokopedia

Kesempatan selebihnya hanya menjadi luka bagi Saint George Cross. Inggris bahkan belum pernah menang saat menjalani adu penalti di Piala Dunia. Mereka tersingkir dalam tiga kesempatan berbeda yakni tahun 1990, 1998 dan 2006. Adu tos-tosan juga membuat Inggris tiga kali tersisih di Piala Eropa yakni pada tahun 1996, 2004 dan 2012.

Kekalahan terakhir Inggris di adu penalti adalah saat disingkirkan Italia di perempatfinal Piala Eropa 2012 dengan skor 2-4. Enggan mengulangi kisah kelam masa lalu, The Three Lions berbenah dengan menggancarkan latihan adu penalti sejak akhir Mei. Kiper Inggris, Jordan Pickford, mengungkapkan antisipasi sudah mulai dilakukan jika nantinya tim harus menjalani adu penalti lagi.

“Di balik layar, kami telah melakukan banyak persiapan, bagaimana kami ingin menghadapinya [adu penalti],” ujar Pickford dilansir Reuters, Rabu (30/6/2018).

Kiper Everton ini mengatakan banyaknya eksekutor penalti handal di tim memberikan keuntungan bagi para kiper untuk menggembleng diri. Pickford sendiri diproyeksikan menjadi kiper utama The Three Lions, bersaing ketat dengan kiper Stoke City, Jack Butland.

Bersama Timnas, Pickford tampil memukau sejak debut-nya untuk Inggris saat melawan Jerman di laga persahabatan November 2017 lalu. Peluangnya menjadi pilihan pertama membesar setelah dia kembali tampil moncer saat Inggris menang 1-0 atas Belanda, Maret 2018.

Disinggung siapa yang akan dipercaya Gareth Southgate untuk menjadi penjaga gawang inti saat melawan Nigeria nanti, Pickford mengaku tak paham. “Tidak ada seorang pun dari kami mengetahuinya. Saya, Popey [Nick Pope] dan Butland. Kami semua bekerja keras dan saling mendorong, ini kompetisi.”