Piala Dunia 2018: Rusia Melawan Kutukan Tuan Rumah

Timnas Rusia (Reuters/Leonhard Foeger)
02 Juni 2018 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Sejak 1998 di Prancis, tidak ada tuan rumah yang berhasil menjadi juara di Piala Dunia. Padahal tradisi juara untuk host (tuan rumah) di turnamen sepak bola paling akbar di dunia ini pernah ngetren di era 1966-1978.

Saat itu, tiga tim tuan rumah mengangkat trofi dalam empat edisi beruntun, masing-masing Inggris (1966), Jerman Barat (1974), dan Argentina (1978). Hanya Brasil yang bisa melawan kedigdayaan status tuan rumah pada periode tersebut yakni ketika menjadi juara Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Tokopedia

Nah, tantangan untuk mematahkan kutukan tersebut bakal dihadapi Rusia di Piala Dunia 2018. Sbornaya, julukan Rusia, memang tidak masuk daftar favorit juara meski mereka akan turun di kampung halaman. Presiden Rusia, Vladimir Putin, bahkan menfavoritkan Spanyol untuk mengangkat trofi juara.

Tapi Igor Akinfeev dkk. tentu tak mau menanggung malu di hadapan pendukung. Diperkuat sebagian besar pemain yang merumput di liga domestik, Rusia mengandalkan skema tiga bek di Piala Dunia nanti. Kematangan kiper Igor Akinfeev sangat diperlukan dalam memimpin sekaligus membimbing rekan-rekannya.

"Kami tidak meraih apa pun dengan empat bek. Sebagian besar klub Liga Premier Rusia memainkan tiga bek. Jadi kami ingin fleksibel," ujar Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov, dikutip theguardian.com, Jumat (1/6/2018).