Brasil Vs Kroasia: Ujian Lini Depan!

Timnas Brasil (Reuters/Craig Brough)
03 Juni 2018 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL — Brasil dan Kroasia merupakan tim kontestan Piala Dunia 2018 yang memiliki amunisi lini depan yang mentereng. Brasil diperkuat pemain ofensif kelas wahid seperti Roberto Firmino, Gabriel Jesus, Neymar, Philippe Coutinho, hingga Paulinho. Sedangkan Kroasia dihuni para penyerang dan winger lincah di antaranya Mario Mandzukic, Ivan Perisic, hingga Nikola Kalinic.

Meski secara materi lini depan tidak terlalu timpang dibanding Brasil, Kroasia pantas khawatir dengan kondisi serangan mereka menjelang Piala Dunia 2018 yang dibuka 14 Juni nanti. Terbukti, tim berjuluk Vatreni ini gagal pecah telur lima kali dalam 11 per tandingan terbaru di semua ajang.

Kroasia tentu tidak ingin kembali mengalami seret gol ketika bertemu Brasil pada laga pemanasan ke Piala Dunia di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (3/6/2018) pukul 21.00 WIB. Vatreni sekaligus mengusung misi membalaskan dendam setelah dikalahkan Brasil pada Piala Dunia 2014 dan Piala Dunia 2006. Kroasia tidak ingin kembali mentok di fase grup Piala Dunia seperti empat tahun silam di Brasil.

Penampilan terbaik Vanetri di Piala Dunia yakni sampai semifinal pada 1998. ”Kami lelah ditagih sebagai generasi bertalenta untuk mencapai sesuatu. Kami membuat diri sendiri dan fans kecewa di setiap Piala Dunia setelah 1998, khususnya Piala Dunia terbaru [di Piala Dunia 2014],” jelas pemain Kroasia, Vedran Corluka, seperti dilansir Skysports.com, Sabtu (2/6/2018).

Uji coba Brasil versus Kroasia menarik bukan hanya karena mempertemukan dua kontestan Piala Dunia 2018. Tapi pertandingan ini juga memikat karena digelar di Anfield. Sejumlah pemain dari kedua kubu sudah tak asing dengan atmosfer stadion yang menjadi markas besar Liverpool itu.

Dua pemain Liverpool, Roberto Firmino (Brasil) dan Dejan Lovren (Kroasia) akan tampil seperti di rumah sendiri. Sementara penyerang Brasil, Philippe Coutinho, akan kembali ke Anfield untuk kali pertama sejak hengkang dari Liverpool ke Barcelona, Januari 2018 lalu.

”Ini sesuatu yang unik bermain di Anfield dengan tim nasional, sekaligus di hadapan fans Liverpool. Sebuah kebahagiaan besar bagiku bermain di rumah karena ini rumahku, jadi ini akan jadi momen unik,” jelas Firmino, seperti dikutip liverpoolfc.com.

Menjelang laga ini, dua pemain Brasil, Douglas Costa dan Renato Agusto, terpaksa mundur dari tim karena cedera. Bintang Brasil, Neymar, sendiri belum bisa dipastikan apakah bisa turun di laga ini setelah mengalami cedera panjang bersama klubnya, Paris Saint Germain (PSG), awal tahun ini. Hanifah Kusumastuti