Profil Tim Piala Dunia 2018: Arab Saudi, Maksimalkan Potensi Seadanya!

Timnas Arab Saudi (Reuters/Marcelo Del Pozo)
03 Juni 2018 19:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Persiapan Arab Saudi ke Piala Dunia 2018 jauh dari kata ideal. Dua pelatih, Edgardo Bauza dan Bert Van Marwijk, dipecat hanya dalam kurun waktu kurang dari setahun sebelum Piala Dunia di Rusia bergulir, 14 Juni 2018 nanti.

Kini, nasib tim berjuluk Green Falcons berada di bawah kendali Juan Antonio Pizzi. Tugas Pizzi jelas sangat berat untuk membuat Arab Saudi tidak menjadi bulan-bulanan di Piala Dunia 2018. Pelatih berusia 43 tahun itu harus belajar dari kegagalannya membawa Chile lolos ke Piala Dunia 2018.

Tokopedia

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Arab Saudi, Desember 2017 lalu, Pizzi membawa Green Falcons hanya menelan dua kekalahan dalam tujuh pertandingan pemanasan ke Piala Dunia 2018. Salah satunya, ketika mereka ditekuk Italia dengan skor tipis 1-2 pada uji coba pekan lalu.

"Ini adalah ujian yang kami perlukan. Kami tahu Italia tim kuat namun dengan kerja keras saat latihan, kami bisa yakin dengan penampilan ini," jelas Pizzi, dilansir arabnews.com, Jumat (1/6/2018).

Arab Saudi lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menjadi runner up grup B kualifikasi zona Asia. Mereka hanya kalah bersaing dengan Jepang yang menjadi juara grup. Arab Saudi mengungguli pesaing lainnya seperti Australia, Uni Emirat Arab, Irak, dan Thailand setelah mengumpulkan 19 poin.

Arab Saudi sendiri tercatat baru empat kali melaju ke putaran final Piala Dunia. Kali terakhir mereka tampil di kompetisi paling besar sejagad ini adalah pada 2006 silam. Mereka tak punya rekor bagus di ajang ini karena lebih banyak tereliminasi di fase grup.

Di Piala Dunia 2018 ini, Arab Saudi pun harus memaksimalkan potensi pemain seadanya. Meski demikian, mereka masih memiliki striker gaek Mohamed Al-Sahlawi untuk dijadikan senjata untuk mematikan musuh-musuh mereka. Al-Sahlawi piawai di depan gawang lawan dengan bukti 16 gol selama kualifikasi.

Skuat Arab Saudi di Piala Dunia 2018:

Kiper: Yasser Al-Mosailem, Mohammaed Al-Owais, Assaf Al Qarni, Waleed Abdullah

Bek: Osama Hawsai, Motaz Hawsawi, Omar Hawsawi, Mohammed Jahfali, Mansour Al-Harbi, Hassan Muath, Yasir Al-Shahrani, Saeed Al-Mowalad

Tengah: Abdulla Aeef, Abdullah Al-Khaibari, Hussein Al Moghawi, Ibrahim Ghaleb, Abdulmalek Al-Khaibri, Taisir Al-Jassim, Ahmed Ashraf, Abdullah Tawfiq Asiri, Yahya Al-Shehri, Mohamed Kanu

Depan: Salman Al-Muwashar, Salem Al-Dawsari, Fahad Al-Muwallad, Mohammed Al-Kuwaykibi, Muhannad Asiri, Mohammed Al-Sahlawi