Kejutan! Leroy Sane Tak Dibawa Jerman ke Piala Dunia 2018

Leroy Sane (Reuters/Leonhard Foeger)
04 Juni 2018 21:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BERLIN — Tak ada yang meragukan sinar Leroy Sane bersama Manchester City musim kemarin. Winger 22 tahun ini menjadi bagian penting tim untuk meraih gelar juara Liga Premier dengan torehan 14 gol dan 15 assist.

Kontribusi maksimal tersebut pun membuatnya diganjar sebagai pemain muda terbaik pilihan para pemain profesional (PFA). Namun deretan prestasi ini seperti tak ada artinya di mata Joachim Low. Pelatih Jerman ini tak menyertakan nama Sane dalam daftar 23 pemain Die Nationalmannschaft yang akan bertanding di Piala Dunia (PD) 2018 Rusia.

Tokopedia

Low lebih memilih nama-nama seperti Julian Draxler, Thomas Muller, Marco Reus hingga wonderkid asal Bayer Leverkusen, Julian Brandt, untuk mengisi posisi winger atau penyerang sayap. “Ini adalah keputusan yang ketat antara dia dan Julian Brandt. Leroy memiliki bakat besar. Dia akan kembali lagi pada September 2018,” ujar Loew seperti dilansir Goal, Senin (4/6/2018).

Sikap Low mencampakkan Sane jelas memicu pro-kontra di kalangan publik Jerman. Sebab musim lalu Sane menjadi pemain Jerman terbaik di lima liga top Eropa jika dilihat dari statistik gol dan assist. Total Sane terlibat dalam 33 gol City di semua ajang dengan rincian 14 gol dan 19 assist. Tak ada pemain Jerman lain di skuat terpilih yang bisa menyaingi performa Sane.

Meski demikian, Low menegaskan pencoretan Sane didasarkan karena kebutuhan tim. “Ada kehidupan yang berbeda pada pelatih Timnas karena Anda harus membawa pulang empat pemain luar biasa meski mereka layak bermain di Piala Dunia. Anda harus melihat lingkup yang lebih besar sehingga tim memiliki keseimbangan dan siap dengan semua kemungkinan,” jelasnya.

Selain Sane, Low juga mendepak tiga pemain lain di skuat sementara yakni Bernd Leno, Nils Petersen dan Jonathan Tah. Di sisi lain sang pelatih memberangkatkan Reus yang lama menghilang akibat cedera.

Dalam skuat itu, Manuel Neuer juga mendapat kaus nomor 1. Ini seperti sinyal bahwa dia tetap akan menjadi pilihan pertama setelah absen delapan bulan karena cedera.