Jelang Piala Dunia 2018, Neymar Belum Capai Puncak Performa

Neymar merayakan gol. (Reuters/Andrew Yates)
05 Juni 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL — Tak butuh waktu lama bagi Neymar untuk mencetak gol setelah absen tiga bulan karena cedera. Satu golnya bahkan sukses memecah kebuntuan Timnas Brasil saat menjamu Kroasia dalam laga persahabatan di Anfield, Minggu (3/6/2018) malam WIB. Meski kembali menjebol gawang lawan, Neymar dianggap belum mencapai level terbaiknya.

Sebelum Neymar masuk di awal babak kedua, Tim Samba seperti mengalami deadlock. Kombinasi trio Philippe Coutinho, Willian dan Gabriel Jesus selalu gagal menjebol gawang Kroasia yang dijaga Danijel Subasic. Namun Neymar sukses menjadi pembeda lewat golnya di menit ke-69.

Tokopedia

Sebelum mencetak gol lewat sepakan keras, Neymar memamerkan ciri khasnya yakni merangsek ke kotak penalti dengan melewati dua pemain lawan. Keunggulan Brasil dikunci menjadi 2-0 setelah Roberto Firmino mencetak gol di menit ke-90.

Pelatih Brasil, Tite, mengakui penampilan Neymar pascacedera melebihi ekspektasinya. Sang striker sudah bermain dengan nyaman dan menunjukkan kombinasi apik dengan pemain lain. Namun dia meminta publik Brasil tak terlalu berharap pada sang pemain dalam jangka waktu dekat ini. Menurut Tite, Neymar masih butuh waktu untuk kembali ke performa terbaiknya setelah menepi cukup lama karena cedera.

“Hari ini dia kembali di atas standar, di atas ekspektasi saya. Namun dia masih akan menjalani masa naik turun untuk mencapai level terbaiknya, mungkin di pertandingan ketiga atau keempat,” ujar Tite seperti dilansir Four Four Two, Senin (4/6/2018).

Bagi Neymar, gol ke gawang Kroasia membuatnya sudah mencetak 54 gol bagi Tim Samba. Eks striker Barcelona itu kini membayangi Romario sebagai pemain tersubur ketiga dalam sejarah Brasil dengan selisih hanya satu gol. Adapun dua pencetak gol terbanyak Selecao masih kukuh dipegang Pele (77 gol) dan Ronaldo (62 gol).

“Tidak ada persaingan untuk menjadi top scorer Brasil. Bagi saya, itu cuma perkara angka,” ujar Neymar dilansir Omnisport.