Peta Persaingan Grup D Piala 2018: Tricky & Penuh Ambisi

Timnas Argentina (Reuters/Marcos Brindicci)
05 Juni 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Dibandingkan grup lain di Piala Dunia 2018, Grup D bisa dikatakan sebagai salah satu grup tricky. Grup ini dihuni juara dunia dua kali Argentina, kuda hitam Kroasia, debutan Islandia, dan tim bertenaga asal Afrika, Nigeria. Empat kontestan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Argentina dengan Lionel Messi-nya bakal melawan trauma setelah kekalahan mereka di final Piala Dunia 2014 silam untuk menghentikan paceklik gelar sejak 1986. Messi tentu berambisi meraih trofi yang diagungkan pesepak bola di dunia tersebut. Sebab, puasa gelar Piala Dunia akan selalu menjadi cacat bagi karier fenomenal La Pulga saat dibandingkan dengan dua pesepak bola legendaris lainnya, Diego Maradona dan Pele.

Tokopedia

"Satu-satunya yang bisa saya katakan kami akan membuat Argentina bangga. Saya juga punya pemain terbaik sepanjang sejarah, itu selalu jadi nilai plus," koar Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, seperti dilansir Fifa.com, Senin (4/6/2018).

Ambisi besar juga diusung Kroasia. Generasi penuh talenta Kroasia yang dihuni Luka Modric, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic, hingga Ivan Perisic, tak mau jatuh ke lubang yang sama terhenti di fase grup, seperti empat tahun silam di Brasil.

Meski menjadi dua tim terkuat di Grup D, Argentina dan Kroasia pantang memicingkan mata terhadap Islandia dan Nigeria. Islandia yang menjadi negara berpopulasi terkecil di Piala Dunia 2018 telah menunjukkan kejutan di Euro 2016. Islandia menahan imbang Portugal di fase grup dan menyingkirkan Inggris di babak 16 besar, sebelum akhirnya takluk dari tuan rumah Prancis di perempatfinal.

Di kualifikasi lalu, Kroasia juga dipaksa finis di belakang Islandia dan harus melalui play-off untuk memastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Sementara Nigeria menahbiskan diri sebagai tim pertama Afrika yang lolos ke Rusia di kualifikasi lalu.

Kroasia dan Islandia bertemu enam kali di kualifikasi Piala Dunia dalam delapan tahun terakhir. Sementara bagi Argentina, ini akan menjadi pertemuan perdana mereka melawan Islandia. Pertemuan Kroasia versus Nigeria di Grup D nanti juga bakal menjadi perdana bagi sejarah perjumpaan kedua tim.

Tapi tidak bagi Argentina kontra Nigeria. Mereka telah empat kali berjodoh di fase grup Piala Dunia, di mana Argentina selalu menang masing-masing dengan skor 2-1 pada Piala Dunia 1994, 1-0 pada Piala Dunia 2002, 1-0 pada Piala Dunia 2010, dan 3-2 pada Piala Dunia 2014.