Modal Tak Bagus Serbia ke Piala Dunia 2018

Timnas Serbia (Reuters/Heinz Peter Bader)
06 Juni 2018 01:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, GRAZ — Dilihat dari materi pemainnya, Timnas  Serbia bisa menjadi salah satu kuda hitam di Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Si Elang ini diperkuat sejumlah pemain berpengalaman yang merumput bersama klub-klub Eropa, seperti Alexandar Kolarov (AS Roma), Nemanja Matic (Manchester United), Adam Ljajic (Torino), Sergej Milinko-Savic (Lazio), Aleksandar Mitrovic (Newcastle United), hingga Branislav Ivanovic (Zenit).

Namun, persiapan Serbia ke Rusia masih seperti yoyo alias naik-turun. Setelah menaklukkan sesama kontestan Piala Dunia Nigeria, Serbia dipecundangi Chile dengan skor 0-1 dalam laga persahabatan di Merkur Arena, Graz, Austria, Selasa (5/6/2018) dini hari WIB. Gol sundulan Guillermo Maripan sekitar dua menit sebelum laga bubar menjadikan Serbia meraih modal negatif kurang dua pekan sebelum Piala Dunia 2018 dibuka 14 Juni nanti.

Tokopedia

"Kami secara sadar memasuki laga ini dengan menurunkan kombinasi pemain karena beberapa pemain [inti] yang sering turun di musim ini diistirahatkan. Kami memberi kesempatan pemain muda, ada yang bermain bagus dan ada yang jelek. Kekalahan ini wajar meski menyakitkan, dan kami memang tidak memprioritaskan hasil," jelas Pelatih Serbia, Mladen Krstajic, seperti dilansir Sport.blic.rs.

Krstajic memang tidak menurunkan starting XI terbaiknya saat berhadapan melawan Chile. Matic, Milinko-Savic, hingga Dusan Tadic baru dimainkan di babak kedua. Sebagai gantinya, pelatih berusia 44 tahun tesebut menurunkan pemain-pemain minim jam terbang. Sayang, eksperimen Krstajic tersebut belum membuahkan hasil memuaskan.

"Kami harus bermain lebih cepat dari seekor anjing untuk mengamankan garis pertahanan. Pergerakan serangan kami harus lebih baik dan kami harus lebih bagus dalam mengontrol bola. Kami akan bersusaha memperbaiki segalanya," jelas dia.

Serbia dijadwalkan melakoni satu laga uji coba sebelum terbang ke Rusia. Nemanja Matic dkk. bakal bersua Bolivia, Sabtu (9/6/2018) malam WIB sebelum terjun di laga pembuka Grup E melawan Kosta Rika, Minggu (17/6/2018) WIB. Setelah itu, mereka akan bertemu Swiss, Sabtu (23/6/2018), dan menantang juara dunia lima kali Brasil sekitar lima hari kemudian.