Belgia Vs Mesir: Kental Aroma Liga Inggris

Timnas Belgia (Reuters/Eric Vidal)
06 Juni 2018 14:07 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BRUSSEL — Pelatih Belgia, Roberto Martinez, akhirnya mengumumkan skuat resmi mereka ke Piala Dunia 2018, Senin (4/6/2018). Menariknya, hampir 50 persen dari 23 nama dalam daftar skuat itu berasal dari klub-klub Liga Premier.

Thiabut Courtois (Chelsea) dan Simon Mignolet (Liverpool) menjadi pemain Liga Premier Inggris di pos penjaga gawang Belgia. Sementara di barisan belakang terdapan duo bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld. Martinez juga memasukkan Vincent Kompany, meski bek Manchester City sedang dilanda cedera pangkal paha.

“Kekuatan Kompany terletak pada mentalitas juaranya. Saya percaya penuh dengan tim medis kami dan kami akan berusaha supaya dia pulih secepatnya. Jika Kompany tidak fit pada 17 Juni [laga pertama Belgia di Piala Dunia 2018 melawan Panama], dia tidak akan berasa di sana, namun kami harus memanfaatkan waktu yang tersisa, kami memberinya waktu,” jelas Martinez, seperti dilansir Mirror.co.uk, Selasa (5/6/2018).

Adapun di barisan gelandang terdapat empat pemain dari klub Liga Premier, yakni Kevin de Bruyne (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea), Mousa Dembele (Tottenham), dan Marouane Fellaini (Manchester United). Romelu Lukaku (Manchester United) dan Michy Batshuayi (Chelsea) pun melengkapi barisan depan Belgia.

Setelah ditahan imbang tanpa gol melawan Portugal, Belgia yang diperkuat pemain-pemain Liga Premier itu akan diuji kekuatan mereka melawan Mesir di Stade Roi Baudouin, Brussel, Kamis (7/6/2018) pukul 01.45 WIB. Martinez sepertinya tidak perlu khawatir dengan kondisi pertahanan mereka. De Rode Duivels, julukan Belgia, mengemas clean sheet dalam tiga pertandingan terbaru.

Tapi, Martinez harus mulai memikirkan ketajaman serangan timnya setelah gagal pecah telur melawan Portugal. Padahal, De Rode Duivels menjadi salah satu tim paling subur Eropa saat kualifikasi lalu dengan mendulang 43 gol! Tugas Romalu Lukaku cs. untuk mendobrak pertahanan Mesir pun tidak bakal semudah membalikkan telapak tangan.

Mesir cenderung bermain dengan pola defensif sejak dinakhodai pelatih asal Italia, Hector Cuper. Akhir pekan lalu, tim berjuluka The Pharaohs itu menahan imbang tanpa gol sesama tim konstestan Piala Dunia 2018, Kolombia.

Mesir masih belum bisa diperkuat pahlawan mereka, Mohamed Salah, yang menjalani pemulihan sejak cedera dislokasi bahu ketika memperkuat Liverpool melawan Real Madrid di final Liga Champions, Minggu (27/5/2018) WIB silam. Padahal Salah merupakan penyokong 71 persen dari gol-gol The Pharaohs di kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika (CAF). Cuper pun tetap memasukkan eks pemain Chelsea itu ke skuat resmi Piala Dunia 2018 meski kondisinya masih meragukan.

“Kami berusaha untuk mengkaver absennya Salah. Para pemain meresponnya dengan sempurna sesuai instruksi, namun absennya Salah tetap memberi efek negatif bagi tim,” jelas Cuper, seperti dikutip Espnfc.com.