Peta Persaingan Grup E Piala Dunia 2018: Mencari Pendamping Brasil

Timnas Brasil (Reuters/Craig Brough)
06 Juni 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Empat tahun lalu Brasil menuai aib yang sangat memalukan saat tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia (PD). Digadang-gadang mengangkat trofi juara kembali setelah tahun 2002, Selecao justru dihabisi Jerman dengan skor mencolok 1-7 di semifinal.

Butuh waktu cukup lama bagi Tim Samba untuk pulih dari luka tersebut. Kini roda seperti berputar bagi Brasil. Selecao kembali menunjukkan tajinya dengan mendominasi kualifikasi PD 2018 zona CONMEBOL dengan menjadi juara grup.

Tokopedia

Mereka bahkan unggul 10 poin dari Uruguay di posisi kedua. Kehadiran Adenor Leonardo Bacchi yang akrab disapa Tite di kursi kepelatihan menjadi salah satu kunci bagi Neymar dkk. untuk kembali bersinar.

Tak sedikit yang memprediksi Brasil tak akan terlalu kesulitan lolos dari fase grup Piala Dunia 2018 di Rusia. Brasil yang dihuni pemain macam Neymar, Gabriel Jesus, Philippe Coutinho hingga Ederson masih terlalu kuat bagi tiga tim lain yakni Serbia, Kosta Rika dan Swiss. Bisa dibilang, tinggal satu tiket yang akan diperebutkan tiga tim ini untuk lolos ke fase gugur.

Swiss boleh diunggulkan karena timnya penuh pemain bertalenta dan berpengalaman di kompetisi Eropa. Di kualifikasi, poin Swiss bahkan sebenarnya sama dengan Portugal yang lolos otomatis. Swiss tentu terpacu karena di PD 201 dan Euro 2016 mereka selalu lolos dari fase grup.

Namun Serbia bisa saja menjadi ganjalan dengan pemain sekualitas Nemanja Matic hingga striker yang tengah moncer, Aleksandar Mitrovic. Serbia hanya kalah sekali di kualifikasi dan menjadi juara grup D.

Kosta Rika juga amat tricky untuk diprediksi. Jangan lupa, Los Ticos pernah menjadi fenomena saat lolos ke perempat final pada Piala Dunia 2014. Hasil laga kedua di fase grup agaknya akan menjadi kunci siapa yang akan mendampingi Brasil ke babak selanjutnya.