Hormati Palestina, Tim Messi Argentina Batalkan Lawan Israel Jelang Piala Dunia 2018

Lionel Messi dalam balutan jersey Timnas Argentina. (Reuters)
06 Juni 2018 18:58 WIB M. Syahran W. Lubis Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA – Laga uji coba menjelang Piala Dunia 2018 melawan Israel. Argentina memutuskan membatalkan laga uji coba yang rencananya dilangsungkan di Yerusalem. Pemnbatalan Argentina vs Israel tersebut dilakukan karena Argentina melihat situasi kondisi politik serta menghormati asosiasi sepak bola Palestina yang menentang keras pertandingan laga uji coba itu.

Pernyataan ini diungkapkan striker Timnas Argentina, Gonzalo Higuain, sebagaimana dikutip dari Reutres, Rabu (6/6/2018) pagi. Rencana pertandingan laga uji coba Piala Dunia 2018 itu mengundang kemarahan asosiasi sepak bola Palestina.

“Mereka [Asosiasi Sepak Bola Argentina/AFA] akhirnya membuat keputusan yang tepat,” ungkap pemain Juventus itu kepada ESPN mengonfirmasi pembatalan pertandingan Argentina vs Israel.

Pertandingan yang semula akan digelar di Stadion Teddy itu merupakan uji coba terakhir Lionel Messi dan kawan-kawan menjelang bertarung di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia yang berlangsung pada 14 Juni hingga 15 Juli.

Sejauh ini belum ada reaksi berlebihan atas pembatalan pertandingan tersebut dari federasi sepak bola ataupun politisi Israel. Hanya saja, PM Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan telah membujuk Presiden Argentina Mauricio Macri agar timnasnya tak membatalkan pertandingan tersebut.

Radio Israel mengutip seorang pejabat diplomatik yang tidak disebutkan namanya mengatakan peluang menyelamatkan pertandingan agar tetap berlangsung sangatlah tipis. Rencana kunjungan Argentina, juara Piala Dunia 1978 dan 1986, menarik minat yang sangat besar dari fans mereka di Israel, terutama kehadiran pemain bintang FC Barcelona Lionel Messi.

Palestina merayakan pembatalan laga tersebut. Di Ramallah dan Tepi Barat, warga Palestina menunjukkan suka cita mereka dan otoritas sepak bola negara tersebut berterima kasih kepada Messi dan koleganya atas pembatalan tersebut.

“Asosiasi sepak bola Palestina berterima kasih kepada para pemain yang dipimpin bintang Messi atas penolakan mereka digunakan untuk kepentingan di luar olahraga,” demikian pernyataan resmi asosiasi tersebut.

Ketua asosiasi sepak bola Palestina Djibril Rajoub mengatakan nilai, moral, dan olahraga telah mendapatkan kemenangan dan kartu merah dibangkitkan di Israel melalui pembatalan laga tersebut.

Argentina merupakan satu-satunya kontestan putaran final Piala Dunia 2018 yang sempat merencanakan pertandingan uji coba melawan Israel. Tidak ada nama Israel dalam agenda uji coba 31 kontestan lainnya.

Sumber : Reuters