Profil Tim Piala Dunia 2018: Kroasia, Calon Kuda Hitam

Timnas Kroasia (Reuters/Andrew Boyers)
07 Juni 2018 00:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Kroasia memang bukan unggulan di ajang Piala Dunia 2018. Mereka masih kalah tenar dibanding Jerman, Brasil, dan Prancis. Namun, Kroasia bisa saja menjadi kuda hitam mengingat materi pemain berkualitas yang mereka miliki.

Kroasia sendiri sudah cukup berpengalaman tampil di Piala Dunia. Sejak berpisah dari Yugoslavia pada 1991, Kroasia sudah lima kali tampil di Piala Dunia. Piala Dunia 1998 menjadi edisi pertama yang mereka ikuti. Kroasia kemudian bisa tampil lagi di putaran final Piala Dunia 2002, 2006, 2014, dan kini 2018.

Kroasia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui jalur play-off. Melawan Yunani di babak tersebut, Kroasia menang dengan agregat 4-1. Skor tersebut dibukukan pada leg pertama di kandang sendiri, sementara pada leg kedua di kandang Yunani mereka bermain imbang 0-0.

Meski kerap tampil di Piala Dunia, Kroasia tak memiliki rekam jejak yang baik. Mereka bahkan tak mampu lolos dari fase grup pada tiga edisi Piala Dunia terakhir yang diikuti yakni 2002, 2006, dan 2014. Pencapaian terbaik mereka justru terjadi di kesempatan pertama mereka di Piala Dunia 1998. Saat itu, Kroasia menjadi juara ketiga berkat penampilan apik Davor Suker yang menjad top skorer.

Kroasia pun termotivasi untuk mengulangi hal serupa. Apalagi, Kroasia kini bermaterikan pemain-pemain top dunia. Sebut saja Luka Modric yang baru saja meraih gelar Liga Champions bersama Real Madrid. Modric merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini dan memiliki 104 caps bersama Kroasia.

Selain Modric, Kroasia juga masih memiliki Ivan Rakitic di sekotor gelandang. Pemain Barcelona itu bisa menjadi inisiator serangan Kroasia. Di lini serang, Kroasia tak kalah ganas. Ivan Perisic, Nikola Kalinic, hingga Mario Mandzukic bisa menjadi lumbung gol untuk Kroasia.

Berikut skuat Kroasia di Piala Dunia 2018:

Kiper: Danijel Subasic, Lovre Kalinic, Dominik Livakovic

Bek: Vedran Corluka, Domagoj Vida, Ivan Strinic, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko, Josip Pivaric, Tin Jedvaj, Duje Caleta-Car

Gelandang: Luka Modric, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, Milan Badelj, Marcelo Brozovic, Filip Bradaric

Penyerang: Mario Mandzukic, Ivan Perisic, Nikola Kalinic, Andrej Kramaric, Marko Pjaca, Ante Rebic