Profil Tim Piala Dunia 2018: Skuad Mumpuni, Brasil Kandidat Juara

Timnas Brasil. (Reuters)
07 Juni 2018 02:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

 

Solopos.com, SOLO - Membawa sederet pemain bintang, Brasil datang ke Rusia dengan kepercayaan diri tinggi. Maka tak heran jika Selecao menjadi salah satu kandidat kuat untuk ­kembali meraih gelar juara Piala Dunia 2018.

Timnas Brasil akan melakoni Piala Dunia ke-21 di Rusia nanti. Dalam sejarahnya, Brasil adalah tim tersukses dalam gelaran empat tahunan ini. Secara total, tim berjuluk Selecao ini mengoleksi lima trofi Piala Dunia pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Statistik mencatat, Brasil berhasil menembus semifinal sebanyak 11 kali, dan tujuh kali di babak final. Pada Piala Dunia 2014 lalu, Brasil yang menjadi tuan rumah finis sebagai semifinalis, usai dihancurkan Jerman dengan skor telak 1-7.

Berada di Grup E bersama ­Serbia, Swiss, dan Kosta Rika, Brasil diyakini dapat dengan mudah ­melewati babak penyisihan untuk ­lolos ke babak selanjutnya.

Diperkuat pemain-pemain bintang seperti Neymar Jr, Philippe Coutinho, Thiago Silva, Marcelo, Willian, dan lainya, Tim Samba akan menjadi salah satu tim kuat di Piala Dunia 2018 Brasil.

Di bawah asuhan pelatih baru, Tite, Brasil tampil konsisten sejak mencatat diri sebagai tim awal yang lolos kualifikasi Piala Dunia 2018 dari Zona Amerika Selatan.

Neymar Jr. akan menjadi salah satu pemain paling diandalkan Brasil. Piala Dunia 2018 Rusia akan menjadi penampilan ke­dua bagi Neymar Jr di kompetisi sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Ney­mar sendiri telah mempersembah­kan Piala Konfederasi dan medali emas Olimpiade 2016 untuk Brasil.

Saat ini, Neymar mengaku sedang mencoba me­mu­lihkan kondisi fisiknya seperti sedia kala mengingat dia absen sejak bulan Februari dan tidak bisa tampil membela Paris Saint-Germain di sisa Liga 1 Prancis.

Tidak hanya itu, Brasil menjadi negara pertama yang me­lang­kahkan kakinya ke Piala Dunia setelah lolos dari kualifikasi zona Conmebol.

Tangguh di babak kualifikasi, Brasil juga dominan di lima laga uji coba internasional yang dilakoni jelang Piala Dunia. Terakhir, mereka mengatasi Kroasia 2-0 pada Minggu (3/6/2018) lalu. Gol Neymar dan Roberto Firmino mengantar kemenangan Selecao di Anfield, Liverpool.

Sementara di empat laga sisa persahabatan internasional, Brasil menang atas Jerman (0-1), Rusia (0-3), Jepang (1-3), dan bermain imbang tanpa gol saat meladeni Inggris.

Berikut daftar pemain Timnas Brasil di Piala Dunia 2018 dikutip Solopos.com dari Reuters, Rabu (6/6/2018):

Kiper: Allison (Roma), Ederson (Manchester City), Cassio (Corinthians).

Bek: Fagner (Corinthians), Danilo (Manchester City), Thiago Silva (PSG), Marquinhos (PSG), Miranda (Inter Milan), Geromel (Gremio), Marcelo (Real Madrid), Filipe (Atletico Madrid).

Gelandang: Casemiro (Real Madrid), Fernandinho (Manchester City), Paulinho (Barcelona), Coutinho (Barcelona), Renato Augusto (Beijing Guoan), Willian (Chelsea), Fred (Shakhtar Donetsk).

Penyerang: Neymar (PSG), Gabriel Jesus (City), Firmino (Liverpool), Douglas Costa (Juventus), Taison (Shakthar Donetsk).