Profil Tim Piala Dunia 2018: Comeback, Denmark Jadi Kuda Hitam

Timnas Denmark. (Reuters)
07 Juni 2018 07:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Denmark menapaki putaran final Piala Dunia 2018 ini dengan status sebagai kuda hitam. Denmark tak punya kenangan manis di Piala Dunia, berbeda dengan cerita heroik memenangkan Piala Eropa 1992.

Piala Dunia 2018 ini adalah Piala Dunia kelima dalam sepanjang sejarah Denmark. Pada empat keikutsertaan sebelumnya (1986, 1998, 2002, 2010), prestasinya terbaik mereka adalah mencapai babak perempat final yakni pada 1998.

Tokopedia

Dalam sejarah sepakbola Eropa dan dunia, Tim nasional Denmark dikenal sebagai tim kuda hitam yang kerap mengejutkan. Predikat itu tersemat usai Denmark menjuarai Piala Eropa 1992. Kala itu Denmark sama sekali tak diunggulkan untuk juara. Apalagi, tim ini masuk usai menggantikan Yugoslavia yang dilarang bertanding.

Namun, tak ada menyangka tim non-unggulan ini justru menjadi kampiun di gelaran paling akbar tahun 1992 tersebut. 

Julukan tim Dinamit pun tersemat pada Denmark lantaran kejutan yang ditimbulkannya seperti ledakan sebuah dinamit. Kini, "ledakan dinamit" itu berusaha diulang oleh Denmark di Piala Dunia 2018. 

Denmark pertama kali lolos ke Piala Dunia pada edisi 1986. Kala itu langkah mereka mampu mencapai babak 16 besar. 'Tim Dinamit' sebenarnya tampil mengesankan di fase grup dengan selalu menang, tapi kemudian mereka keok usai dihajar 1-5 oleh Spanyol.

Pada edisi 1998 atau enam tahun setelah mereka menjuarai Piala Eropa, Denmark tampil cukup baik di Prancis. Kala itu mereka mencapai babak perempat final. Pada babak delapan besar itu, Denmark ditaklukkan finalis turnamen, Brasil.

Denmark memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018 lewat babak play-off setelah mengamankan peringkat runner up pada kualifikasi zona UEFA. Mereka mengalahkan Republik Irlandia pada babak play-off dengan agregat skor 1-5.

Empat tahun kemudian, Denmark melangkah sampai babak 16 besar. Setelah tak terkalahkan di fase grup —dengan di antaranya mampu mengalahkan juara bertahan Prancis— Jon Dahl Tomasson dan kolega dihentikan oleh tim bertabur bintang, Inggris.

Kemudian, pada edisi 2010, nasib mereka lebih buruk. Tergabung di fase grup bersama Belanda, Jepang, dan Kamerun, Denmark gagal lolos usai takluk dari Belanda serta Jepang. Mereka cuma menang atas Kamerun.

Kini, Denmark berhasil kembali ke Piala Dunia dan di Rusia nanti status mereka adalah kuda hitam. Tergabung bersama Prancis, Australia, dan Peru di Grup C, akankah kali ini mereka bisa melangkah jauh?

Berikut daftar pemain Timnas Brasil di Piala Dunia 2018 dikutip Solopos.com dari Reuters, Kamis (7/6/2018):

Kiper: Kasper Schmeichel, Jonas Lossl, Frederik Ronnow

Bek: Jannik Vestergaard, Simon Kjær, Peter Ankersen, Andreas Christensen, Andreas Bjelland, Mathias Jørgensen, Jonas Knudsen, Jens Stryger Larsen, Henrik Dalsgaard, Riza Durmisi, Frederik Sorensen

Gelandang: Mike Jensen, William Kvist, Thomas Delaney, Christian Eriksen, Lukas Lerager, Lasse Schöne, Pione Sisto, Daniel Wass, Andrew Hjulsager

Striker: Nicolai Jørgensen, Nicklas Bendtner, Martin Braithwaite, Yussuf Poulsen, Andreas Cornelius, Viktor Fischer, Kasper Dolberg, Lasse Vibe