Profil Tim Piala Dunia 2018: Korea Selatan, Ingin Ulangi Memori 2002

Timnas Korea Selatan (Reuters/Kim Hong Ji)
07 Juni 2018 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Korea Selatan memang bukan peserta baru di ajang Piala Dunia. Mereka menjadi langganan wakil Asia di kompetisi terakbar sepak bola ini. Meski begitu, Korsel lebih banyak tersingkir sejak awal alias di fase grup.

Namun, mereka pernah mencatatkan prestasi terbaik yang mengejutkan banyak pihak. Pada gelaran Piala Dunia 2002, Korsel yang menjadi tuan rumah bersama Jepang mampu melaju hingga babak semifinal. Bahkan, mereka sempat mengalahkan dua tim unggulan, Italia dan Spanyol.

Tokopedia

Di Piala Dunia 2002 itu, Korsel melaju sebagai juara grup. Mereka kemudian berjumpa dengan Italia di babak 16 besar dan menang 2-1. Ahn jung Hwan menjadi pahlawan Korsel karena mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir babak kedua perpanjangan waktu. Sementara melawan Spanyol di babak perempatfinal, Korsel menang lewat drama adu penalti.

Sayang, langkah Korsel harus terhenti di babak semifinal di tangan Jerman. Mereka bahkan tak mampu menjadi juara ketiga lantaran kalah dari Turki yang memang menjadi kuda hitam kala itu. Meski demikian, Piala Dunia 2002 menjadi memori manis bagi publik Korsel. Hal itu diharapkan bisa terulang di Piala Dunia 2018 ini.

Namun, publik Korsel pantasnya tak terlalu berharap. Pasalnya, tim berjuluk Taegeuk Warriors ini harus mati-matian untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Korea lolos sebagai runner up Grup A Kualifikasi Zona Asia di bawah Iran. Mereka cuma mengumpulkan 15 poin, sedangkan Iran punya 22 poin. Korsel pun cuma menang 4 kali di babak kualifikasi.

Korsel akan sangat berharap pada sosok Son Heung Min di Piala Dunia 2018. Striker Tottenham Hotspur itu tampil gemilang di babak kualifikasi dengan mengemas tujuh gol. Son memiliki peran berbeda ketika di Timnas Korsel yakni sebagai penyerang tengah, sementara di Tottenham dia lebih banyak ditempatkan sebagai penyerang sayap.

Skuat Korea Selatan di Piala Dunia 2018

Kiper: Kim Seung Gyu, Kim Jinh Yeon, Jo Heyon Woo

Bek: Go Yo Han, Oh Ban Suk, Kim Min Woo, Kim Youn Gwon, Park Joo Ho, Yun Young Sun, Lee Yong, Jang Hyun Soo, Jung Seung Hyun

Gelandang: Hong Chul, Koo Jacheol, Ki Sung Yueng, Moon Seon Min, Lee Seung Woo, Lee Jae Sung

Penyerang: Jung Woo Young, Ju Se Jong, Kim Shin Wook, Son Heung Min, Hwang Hee Chan