Profil Tim Piala Dunia 2018: Belgia, Ancaman Para Unggulan

Timnas Belgia (Reuters/Eric Vidal)
07 Juni 2018 19:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Timnas Belgia  ambil bagian di Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Setan Merah itu pun berpotensi menjadi ancaman para unggulan dalam ajang terakbar empat tahunan tersebut.

Belgia memang menjelma menjadi tim kuat di Eropa dan dunia berkat materi pemain yang mumpuni. Bahkan dalam ranking terbaru FIFA, Belgia menempati peringkat ketiga. Meski begitu, mereka tak masuk dalam kategori unggulan terdepan memenangi Piala Dunia 2018.

Tokopedia

Hal itu dipengaruhi oleh sejarah Belgia yang memang kerap meraih hasil minor di turnamen sepak bola antarnegara. Prestasi terbaik Belgia di Piala Dunia adalah lolos ke semifinal Piala Dunia 1986. Setelah itu performa mereka terus meredup.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir mereka bisa bangkit. Kendati masih belum bisa berbicara banyak. Pada Euro 2016 lalu, Belgia dianggap sebagai unggulan. Tapi, Romelu Lukaku dkk. tersingkir di babak perempatfinal karena kalah dari Wales. Hal itu cukup mengejutkan mengingat Belgia tampil apik di babak kualifikasi.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018  ini, Belgia kembali tampil menawan. Mereka menjadi juara Grup H dan tak terkalahkan dalam 10 laga yang dijalani di babak kualifikasi. Pasukan Roberto Martinez itu bahkan menjadi tim Eropa pertama yang lolos ke putaran final selain tuan rumah Rusia yang memang lolos otomatis.

Salah satu pemain bintang yang akan sangat diandalkan oleh Belgia adalah Eden Hazard. Winger Chelsea itu diharapkan menjadi motor serangan sekaligus mesin gol Belgia. Hazard sukses bersama Chelsea dengan meraih gelar Liga Premier Inggris. Meski pada musim lalu, dia gagal membawa The Blues finis empat besar.

Jangan lupakan juga Kevin De Bruyne yang menjadi inisiator serangan Belgia. Musim lalu, De Bruyne tampil apik dengan membawa Manchester City juara Liga Premier Inggris dan Piala Liga Inggris. Belgia memang bermaterikan mayoritas pemain Liga Inggris. Namun ada pula bintang Liga Italia, Dries Mertens, yang moncer bersama Napoli.

Di Piala Dunia 2018, Belgia akan bersaing dengan Inggris, Panama, dan Tunisia di Grup G. Inggris tentu menjadi ancaman berarti bagi Belgia. Namun, mereka juga tak boleh melupakan Tunisia yang tampil baik sepanjang musim ini.

Skuat Belgia di Piala Dunia 2018

Kiper: Thibaut Courtois, Simon Mignolet, Koen Casteels

Bek: Vincent Kompany, Leander Dendoncker, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld, Thomas Meunier, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen

Gelandang: Kevin De Bruyne, Mousa Dembele, Yannick Carrasco, Nacer Chadli, Marouane Fellaini, Thorgan Hazard, Adnan Januzaj, Youri Tielemans, Axel Witsel

Penyerang: Dries Mertens, Romelu Lukaku, Michy Batshuayi, Eden Hazard