Profil Tim Piala Dunia 2018: Maroko, Pertahanan Kuat Jadi Andalan

Timnas Maroko (Reuters/Denis Balibouse)
07 Juni 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Setelah dua dekade, Maroko akhirnya tampil di Piala Dunia lagi. Mereka menjadi salah satu kontestan di Piala Dunia 2018  yang dgelar di Rusia. Maroko tergabung di Grup B bersama Spanyol, Portugal, dan Iran.

Maroko kali terakhir tampil di Piala Dunia adalah pada 1998 silam di Prancis. Setelah itu, mereka gagal menggapai putaran fina turnamen terakbar sepak bola empat tahunan ini. Maroko sendiri tak memiliki rekor bagus di Piala Dunia. Pencapaian terbaiknya adalah melaju ke babak 16 Besar. Mereka lebih banyak tertahan di fase grup.

Maroko lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dengan mengesankan. Mereka menjadi satu-satunya tim Afrika yang lolos ke Piala Dunia 2018 dengan tak kebobolan sama sekali. Dari enam laga babak kualifikasi, pertahanan Maroko yang digawangi Medhi Benatia tak pernah dibobol lawan. Maroko pun lolos sebagai juara grup C mengungguli Pantai Gading, Gabon, dan Mali.

Hal itu lah yang coba dipertahankan Maroko pada Piala Dunia 2018 nanti. Apalagi, mereka akan melawan tim kuat macam Portugal dan Spanyol yang dikenal memiliki lini serang tajam. Belum lagi Iran yang memang tampil menawan sebagai perwakilan Asia.

Untuk mempertahankan pertahanan yang solid itu, Maroko tentu mengandalkan Medhi Benatia. Bek Juventus itu memiliki pengalaman yang cukup untuk mengkoordinir rekan-rekannya. Benatia sudah malang melintang di Eropa dan membela tim-tim besar. Sebelumnya, dia pernah membela Bayern Munchen.

Pada musim lalu, Benatia menjadi andalan Juventus di lini pertahanan. Hal itu tak terlepas dari hengkangnya Leonardo Bonucci ke AC Milan. Benatia pun sukses membawa Si Nyonya Tua juara Liga Italia sekaligus Coppa Italia musim 2017/2018.

Selain Benatia, Maroko juga punya Achraf Hakimi. Dia adalah wonderkid Real Madrid yang mampu menembus skuat utama musim ini. Hakimi memang bukan pilihan pertama di Real Madrid, namun dia sudah menunjukkan penampilan apik ketika dimainkan. Dia menjadi bagian Madrid memenangi Liga Champions musim lalu.

Skuat Maroko di Piala Dunia 2018

Kiper: Yassine Bounou, Munir Mohamedi, Ahmed Reda Tagnaouti

Bek: Achraf Hakimi, Hamza Mendyl, Manuel Da Costa, Medhi Benatia, Romain Saiss, Nabil Dirar

Gelandang: Hakim Ziyech, Karim El Ahmadi, Younes Belhanda, Faycal Fajr, Mbark Boussoufa, Youssef Ait Bennasser, Nordin Amrabat, Amine Harit, Mehdi Carcela Gonzalez, Sofyan Amrabat

Penyerang: Ayoub El Kaabi, Khalid Boutaib, Aziz Bouhaddouz, Youssef En-Nesyri