Preview Laga Uji Coba Jerman Vs Arab Saudi Jelang Piala Dunia 2018

Timnas Jerman (Reuters/Leonhard Foeger)
08 Juni 2018 07:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LEVERKUSEN — Sebelum meninggalkan training center di Tyrol Selatan, Italia, pekan lalu, Joachim Low menekankan pada pemain tentang pentingnya latihan keras yang dilakukan secara berulang-ulang. Best never rest. Itulah jargon yang diusung Die Nationalmannschaft dalam kampanyenya di Piala Dunia (PD) 2018 di Rusia.

Wejangan terakhir adalah Low ingin anak asuhnya bermain dalam satu kesatuan tim. Kerja sama adalah segalanya. Pelatih yang menjadi top scorer sepanjang masa Freiburg ini tak pernah menoleransi ego atau sifat manja pemain. Pengaruh kuat Low dalam tim diakui bek Jerman, Antonio Rudiger.

Tokopedia

“Tak semua pemain di sini adalah sahabat baik. Namun kami adalah sebuah tim di lapangan hijau. Itulah satu-satunya hal yang penting,” ujar Rudiger kepada Kicker dilansir The Globe and Mail, Kamis (7/6/2018).

Soliditas memang amat diperlukan Tim Panser di tengah hasil buruk belakangan ini. Setelah menyapu bersih kemenangan di 10 laga kualifikasi PD Zona Eropa, penampilan Toni Kroos dkk. cenderung menurun setengah tahun terakhir. Jerman harus puas ditahan imbang Spanyol, Prancis dan Inggris dalam laga persahabatan.

Kekalahan dari Brasil pada Maret lalu juga menghentikan rekor 22 laga tak terkalahkan secara beruntun Tim Panser. Terakhir mereka harus menanggung malu setelah digasak Austria dengan skor 1-2. “Jika kami terus bermain seperti ini, kami tidak punya peluang di Rusia,” cetus Low seusai timnya dikalahkan Austria akhir pekan lalu.

Laga uji coba melawan Arab Saudi di Bay Arena, Sabtu (9/6/2018) dini hari WIB, tentu pantang disia-siakan Tim Panser untuk memanasi mesin mereka. Apalagi, partai melawan Elang Hijau, julukan Arab Saudi, adalah uji coba terakhir sebelum terjun di fase grup PD melawan Meksiko pada 17 Juni. “Kami harus berada di kondisi terbaik sebelum pertandingan menghadapi Meksiko,” ucap Low.

Laga Arab Saudi menantang Jerman bisa dibilang seperti David versus Goliath. Publik sepak bola tentu belum lupa saat Miroslav Klose dkk. meluluhlantakkan Arab Saudi dengan skor 8-0 dalam laga pembuka PD 2002 di Korea/Jepang. Secara keseluruhan Jerman meraih kemenangan 100% atas Elang Hijau dari tiga perjumpaan, mencetak 17 gol dan nirkebobolan.