Profil Tim Piala Dunia 2018: Tren Positif, Swiss Bakal Tembus 16 Besar?

Timnas Swiss. (Reuters)
08 Juni 2018 03:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Swiss kini berkembang menjadi salah satu tim yang tak bisa dipandang sebelah mata. Menempati ranking enam FIFA, Swiss tidak pernah absen dari Piala Dunia semenjak gelaran Piala Dunia 2010  Afrika Selatan lalu.

Dalam perkembangannya, berdasarkan ranking FIFA, Swiss menunjukkan tren positif. Saat ini Swiss menempati peringkat keenam FIFA, pencapaian tertinggi yang pernah diraih oleh sejarah Timnas Swiss.

Dilatih oleh Vladimir Petkovic, Nahkoda Swis berkebangsaan Bosnia ini telah menjadi juru racik sejak seusai Piala Dunia 2014. Selain peningkatan ranking FIFA yang konsisten, Petkovic juga membawa Swiss menembus babak 16 besar Piala Eropa 2016. Sayangnya, di pesta sepak bola Eropa empat tahunan itu Swiss harus tersingkir usai kalah atas Polandia dalam drama adu penalti.

Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi penampilan ke-11 Swiss sejak ajang sepak bola tertinggi di dunia digelar pada 1930. Dari 10 kali penampilan sebelumnya, perempat final menjadi pencapaian terbaik Swiss.

Pada babak kualifikasi, Swiss bahkan sukses meraih poin sama dengan Portugal yang berhasil lolos secara otomatis di Grup B. Swiss hanya kalah jumlah selisih gol dari Portugal dan berakhir di posisi kedua.

Sejumlah pemain yang menjadi andalan di klub masing-masing juga dipastikan menjadi pemain kunci di Swiss. Stephan Lichtsteiner di lini belakang, Granit Xhaka di lini tengah dan Xherdan Shaqiri di lini depan dipastikan akan menjadi tonggak Swiss di Piala Dunia 2018.

Berikut daftar skuad Swiss untuk Piala Dunia 2018 seperti dikutip Solopos.com dari Reuters;

Kiper: Roman Burki, Gregor Kobel, Yvon Mvogo, Yann Sommer.

Bek: Manuel Akanji, Johan Djourou, Nico Elvedi, Michael Lang, Stephan Lichtsteiner, Jacques-Francois Moubandje, Ricardo Rodriguez, Fabian Schar, Silvan Widmer.

Gelandang: Valon Behrami, Blerim Dzemaili, Edimilson Fernandes, Gelson Fernandes, Remo Freuler, Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Denis Zakaria, Steven Zuber.

Penyerang: Haris Severovic, Josip Drmic, Breel Embolo, Mario Gavranovic.